Bukan Keren, Pahami Perbedaan Sikap Cool dan Dingin

Bukan Keren, Pahami Perbedaan Sikap Cool dan Dingin

Pahami Perbedaan Sikap Cool dan Dingin-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR - Kalian pasti pernah melihat karakter, baik itu di film, komik, anime, atau media lain, yang memiliki sifat cuek, jarang berbicara, atau memiliki karakteristik yang sangat "cool"—sering kali disebut sebagai sikap dingin.

Namun, banyak orang yang mencoba meniru sifat tersebut justru terlihat seperti sok cool, yang akhirnya malah terkesan aneh. Oleh karena itu, kami ingin menjelaskan cara bersikap cool atau dingin dengan benar, dan mungkin video ini bisa dianggap sebagai video pengembangan diri.

Sebelumnya, saya ingin menjelaskan bahwa sifat cool dan sifat dingin itu berbeda. sifat cool bertujuan untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik, bahkan bisa mengubah hidup seseorang secara drastis. Sedangkan sifat dingin cenderung memiliki konotasi negatif.

Mengapa demikian? Karena sikap dingin adalah sikap seseorang dalam kehidupan sosial yang cenderung tidak peduli terhadap keadaan di sekitarnya, hanya mementingkan diri sendiri. Biasanya, orang yang bersikap dingin lebih suka menyendiri, tapi bukan dalam arti introvert, melainkan lebih ke arah antisosial.

Seperti yang kalian tahu, orang antisosial cenderung tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Jadi, jika kalian adalah seseorang yang suka menyendiri tapi masih memiliki rasa simpati atau peduli terhadap orang lain, itu berarti kalian bukan bersikap dingin, melainkan introvert.

Sebaliknya, jika kalian suka menyendiri dan benar-benar tidak peduli dengan apa pun, termasuk orang lain, maka kalian memang memiliki sikap dingin.

BACA JUGA:7 Sikap yang Membuat Kamu Diremehkan Orang Lain, Nomor 3 Sering Diabaikan!

BACA JUGA:7 Dampak Positif dari Memiliki Sikap Kompetitif, Bisa Bikin Orang Semakin Termotivasi?

Sebenarnya, sikap cool dan dingin itu berbeda. Mungkin karena secara bahasa kata cool bisa diartikan sebagai keren dan juga dingin, banyak orang yang cenderung menyamakan kedua kata ini. Namun, sikap yang benar adalah cool, bukan dingin. Berikut ini adalah cara bersikap cool yang benar.

1. Santai

Yang pertama, kalian harus bersikap santai ketika menghadapi masalah. Jangan panik. Dengan menghadapi masalah dengan tenang, kita akan lebih mudah menemukan solusi dan menyadari bahwa masalah yang dihadapi tidak sebesar yang kita kira.

2. Jangan banyak bicara hal yang tidak perlu

Ingat, maksud saya bukan menjadi pendiam, melainkan berbicara secukupnya. Dengan tidak banyak bicara atau basa-basi, kita menjadi lebih peka terhadap situasi karena fokus kita meningkat dalam memperhatikan kondisi di sekitar.

3. Pandai bersosialisasi

BACA JUGA:10 Cara Bersikap Bodo Amat dengan Opini Orang Tanpa Hilang Tanggung Jawab

BACA JUGA:5 Sikap yang Harus Kamu Miliki Agar Tidak Mudah Baperan Saat Dikritik

Dengan pandai bersosialisasi, kita dapat menambah koneksi dan kemampuan komunikasi. Namun, meskipun harus pandai bersosialisasi, bukan berarti kita harus terlalu terbuka.

Sumber: