7 Dampak Positif dari Memiliki Sikap Kompetitif, Bisa Bikin Orang Semakin Termotivasi?

7 Dampak Positif dari Memiliki Sikap Kompetitif, Bisa Bikin Orang Semakin Termotivasi?

Foto Ilsutrasi - Dampak Positif dari Memiliki Sikap Kompetitif-Mohamed_hassan-Tangkapan layar via Pixabay

Radar Jabar Disway – Apa saja dampak positif sikap kompetitif? Sebuah pertanyaan yang jawabannya menarik tentunya bagi orang-orang yang merasa bahwa mereka punya sikap kompetitif dalam dirinya.

 

Manusia sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial dibekali berbagai sikap yang tertanam dalam diri untuk ditunjukkan. Salah satunya adalah sikap kompetitif, sifat paling populer terlihat di lingkungan kehidupan.

 

Ketika seseorang sangat kompetitif maka mereka tidak ingin kalah dalam segala jenis kompetisi atau persaingan, sekecil apapun persaingannya. Tapi akibat menggebu demi mencapai goals semisal keinginan dan kesukesan, pribadi kompetitif mungkin bisa lupa diri melupakan hal-hal yang lebih penting.

 

Di antaranya mulai dari kesehatan diri atau hubungan sosial (pertemanan, kekeluargaan, dll). Bukan kejutan jika hal sifat kompetitif terkadang berdampak buruk seperti membuat orang rawan bertikai hingga merusak suatu hubungan akibat ambisinya itu.

 

Namun demikian, tidak selalu sikap kompetitif berbuah dampak buruk dan negatif terhadap seseorang. Berikut adalah tujuh dampak positif dari memiliki sikap kompetitif sebagaimana kami himpun dari berbagai sumber.

 

  1. Meningkatkan Motivasi

Memiliki sikap kompetitif akan meningkatkan motivasi seseorang supaya bekerja lebih giat hingga mencapai tujuan yang lebih tinggi. Dengan punya tujuan yang lebih ambisius pun makan pribadi kompetitif bisa lebih fokus serta produktif dalam bekerja.

 

  1. Mendongkrak Kepercayaan Diri

Dampak positif sikap kompetitif berikutnya adalah mampu membuat kepercayaan diri seseorang jadi meningkat. Rasa kompetitif memungkinkan individu punya tujuan yang lebih tinggi dan Hasrat untuk menjadi sukses.

 

Sumber: