Tinjau Lokasi Gempa Kertasari, Anggota DPR RI Kang Cucun Serahkan Ratusan Paket Bantuan

Tinjau Lokasi Gempa Kertasari, Anggota DPR RI Kang Cucun Serahkan Ratusan Paket Bantuan

Kang Cucun Serahkan Ratusan Paket Bantuan-Yusuf-Radar Jabar

RADAR JABAR - Anggota DPR RI yang juga Ketua Fraksi PKB DPR RI, H. Cucun Ahmad Syamsurijal melakukan peninjauan langsung ke lokasi gempa bumi di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis 19 September 2024 siang.

Dalam kunjungannya, Cucun yang didampingi Bupati Bandung Dadang Supriatna, anggota DPRD Jawa Barat Humaira Zahrotun Noor dan Asep Syamsudin menyampaikan keprihatinannya atas musibah gempa yang menimpa warga Kertasari.

Cucun yang mengenakan kaos putih motif hijau melakukan peninjauan ke beberapa lokasi terdampak, mulai dari rumah warga, SDN Lebaksari Cibeureum, Puskesmas Kertasari hingga Kantor Kecamatan Kertasari yang mengalami kerusakan parah. 

Tak lupa, Anggota DPR RI dari Dapil Jabar 2 itu menyerahkan ratusan paket bantuan kemanusiaan bagi para korban terutama warga yang tinggal di pengungsian sementara. 

BACA JUGA:Pengamat Politik Yusfitriadi: Dedie Arachim dan Jenal Muttaqin Unggul di Pilkada Kota Bogor 2024

BACA JUGA:Demi Stabilkan Harga dan Dukung Ketahanan Pangan, Pemkab Cianjur Perluas Gerakan Pangan Murah

Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI itu juga sempat menemui dan berdialog dengan warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan dan menempati beberapa tenda darurat di Lapangan Desa Cibeureum hingga di depan Puskesmas Kertasari yang nyaris ambruk dan tersisa puing-puing. 

"Kita tidak bisa memprediksi semua yang terjadi, sehingga mitigasi dan teknologi sangat penting," ujar Cucun kepada awak media usai melakukan peninjauan di Kertasari, Kamis siang.

Pria jebolan Ponpes Cipasung Tasikmalaya itu juga berjanji untuk segera mengajukan anggaran tanggap darurat kepada Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan dan Kepala BNPB.

"Kami akan terus berkomunikasi dengan Kementerian untuk penanganan-penanganan cepat," ungkap pria yang akrab disapa Kang Haji Cucun ini. 

Pada kesempatan ini, ia juga menggarisbawahi tanggung jawab pemerintah dalam memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat gempa, seperti puskesmas dan sekolah. 

Ia pun mengingatkan bahwa penanganan harus menggunakan teknologi untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

"Saya juga sebelum ke sini, izin dulu ke Ketum PKB Gus Muhaimin. Beliau menitipkan salam untuk masyarakat Kabupaten Bandung. PKB akan selalu hadir memberikan solusi bagi bangsa," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kang Haji Cucun juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna dan seluruh jajaran Forkopimda yang dinilai telah melakukan langkah-langkah cepat dan tepat dalam proses penanganan musibah gempa bumi di Kertasari dan Pangalengan. 

Sumber: