Hidari Terburu-Buru Melakukan 4 Hal Ini dalam Hidup

Hidari Terburu-Buru Melakukan 4 Hal Ini dalam Hidup

Hidari Terburu-Buru Melakukan Hal Ini-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR - Apa akibat jika sesuatu dilakukan dengan terburu-buru? Pertama, semua yang direncanakan akan jauh dari apa yang diharapkan. Kedua, pasti ada bagian-bagian yang tidak komplit atau tidak lengkap. Ketiga, pikiran akan selalu stres karena terburu-buru.

Keempat, selalu ada tambahan waktu untuk memperbaiki semuanya. Terakhir, ketika gagal atau tidak sesuai harapan, penyesalan akan muncul. Salah satu karakter orang-orang hebat adalah ketika mereka menginginkan sesuatu, mereka akan memperhitungkannya dengan matang.

Saya teringat kata-kata Lao Tzu, “Mereka yang berdiri di ujung jari tidak akan pernah berdiri kokoh. Mereka yang selalu terburu-buru tidak akan pernah mencapai jauh. Mereka yang mencoba mengungguli orang lain malah akan meredupkan cahayanya sendiri.”

Semua yang akan mereka lakukan melalui fase pemikiran yang mendalam. Sebab, kedewasaan bukan soal usia atau angka, melainkan bagaimana kita menyikapi hidup dengan baik. Orang-orang hebat ini tidak pernah terburu-buru.

4 Hal yang Jangan Dilakukan Terburu-Buru

Hindari dan jangan terburu-buru dalam 4 melakukan hal-hal berikut.

1. Menjadi Apa yang Diinginkan

Orang-orang hebat tidak terburu-buru menjadi seseorang yang diinginkan. Kita semua pasti punya keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik—lebih sabar, bijaksana, kuat secara mental, mungkin lebih kaya, atau memiliki harapan lainnya.

BACA JUGA:5 Cara Menghindari Perasaan Self-Blaming

BACA JUGA:Hati-hati, Ini 10 Ciri Manusia Toxic yang Harus Dihindari

Ini adalah hal yang baik, terutama jika kita sudah menyadari kelemahan diri dan ingin memperbaikinya. Ada orang yang sampai saat ini tidak sadar akan kelemahannya, tidak peduli pada dirinya sendiri, sehingga tidak tahu apa yang harus dikurangi dan apa yang bisa dimaksimalkan.

Untuk menjadi versi terbaik dari diri kita, tidak ada proses instan. Kita harus tahu terlebih dahulu kelemahan dan kelebihan kita, karena dengan begitu kita bisa memperbaiki kekurangan dan mengasah kelebihan. Semua ini memerlukan proses.

Mengubah kebiasaan boros menjadi hemat membutuhkan waktu. Mengubah kebiasaan malas menjadi rajin juga butuh proses. Bahkan, untuk menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi kemarahan pun tidak instan.

Orang-orang hebat menyadari hal ini. Mereka memiliki tujuan untuk menjadi yang terbaik, tetapi mereka tidak terburu-buru. Mereka sabar dan bertumbuh dari waktu ke waktu, menyadari bahwa yang harus mereka taklukkan adalah diri mereka sendiri yang kemarin.

2. Mengambil Keputusan Besar

Orang-orang hebat selalu menghindari pengambilan keputusan besar secara tergesa-gesa. Misalnya, keputusan tentang dengan siapa kita akan menikah, memilih perusahaan tempat bekerja, atau menentukan jurusan kuliah.

Ketika kita dihadapkan pada dua opsi, keputusan yang diambil terburu-buru sangat rentan menimbulkan penyesalan.

Sumber: abdi suardin