Lahan HGU PTPN di Nyalindung Sukabumi Hangus Akibat Kebakaran

Lahan HGU PTPN di Nyalindung Sukabumi Hangus Akibat Kebakaran

Kebakaran terpa lahan HGU PTPN I Regional II yang berada di Kampung Puncakpaku, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Minggu (15/9/2024).-Dokumentasi warga-ANTARA

Radar Jabar Disway - Lahan hak guna usaha (HGU) milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional II di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami kebakaran. Peristiwa kebakaran ini terjadi hari Minggu 15 September 2024 malam.

 

"Luas lahan yang terbakar sekitar 10 are, namun sekitar pukul 20.00 WIB sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan yang dibantu masyarakat sekitar," ucap Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim, di Sukabumi, Minggu (15/9), dikutip dari Antara Jabar, Senin (16/9).

 

Medi mengatakan pemicu kebakaran lahan PTPN yang ada di Kampung Puncakpaku, Desa Cijangkar, itu belum diketahui. Api mulai tampak dari permukiman warga sekira pukul 18.00 WIB.

 

BACA JUGA:Polisi Selidiki Penemuan Jasad Tanpa Identitas di Pintu Air PLTA Ubrug Sukabumi

BACA JUGA:7 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits di Sukabumi, Favorit Para Wisatawan

 

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nyalindung yang berkoordinasi dengan petugas Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, pun langsung ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

 

Api yang coba dipadamkan oleh petugas gabung dan gotong royong bantuan warga sekitar terus membesar. Akan tetapi berkat kerjasama itu, api mampu dipadamkan setelah sekitar dua jam kemudian.

 

Mengutip dari Antara Jabar, kebakaran lahan PTPN ini sempat menyebabkan masyarakat panik lantaran berjarak dekat dengan pemukiman warga Kampung Cibuluh, RT 12/06, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung. Perihal kerugian masih dalam penghitungan, sedangkan korban luka maupun jiwa akibat musibah ini tidak ada.

Sumber: