Menkominfo Budi Arie Ungkap Alasan Kaesang Pakai Jet Pribadi: Istrinya Lagi Hamil, Gak Boleh Naik Umum

Menkominfo Budi Arie Ungkap Alasan Kaesang Pakai Jet Pribadi: Istrinya Lagi Hamil, Gak Boleh Naik Umum

Menkominfo Budi Arie Ungkap Alasan Kaesang Pakai Jet Pribadi-Ist-

RADAR JABAR - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie, memberikan tanggapan terkait kontroversi penggunaan jet pribadi Gulfstream G650ER oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, dan istrinya, Erina Gudono, dalam perjalanan mereka ke Amerika Serikat.

Budi Arie, yang juga menjabat sebagai Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo), menyatakan bahwa hal tersebut merupakan urusan pribadi Kaesang dan pesawat jet tersebut milik salah satu teman Kaesang.

"Gak ada, dia kan pribadi. Nah itu dari temennya," kata Budi Arie di Jakarta, Selasa (10/9).

Budi Arie mengimbau masyarakat untuk tidak mempermasalahkan hal tersebut lagi. Ia menjelaskan bahwa penggunaan jet pribadi tersebut karena kondisi Erina Gudono yang sedang hamil, sehingga tidak memungkinkan baginya untuk menggunakan transportasi umum atau pesawat komersial.

"Pokoknya udahlah. Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan. Kan gak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh?" ujarnya.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan adanya gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi tersebut, Budi Arie menilai bahwa Kaesang tidak bisa dikaitkan dengan tuduhan tersebut. Ia juga menegaskan bahwa Kaesang bukanlah seorang pejabat publik.

BACA JUGA:Kemenkominfo Pastikan Kendala E-Meterai CPNS 2024 Telah Diatasi

BACA JUGA:Menkominfo: Tidak ada toleransi bagi pencuri data pribadi

"Lho tidak bisa, itu temennya kok. Sama kayak saya pinjemin kamu, teman," imbuhnya.

"Bukan pejabat publik Mas Kaesang," tandasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana meminta klarifikasi dari Kaesang terkait penggunaan jet pribadi dalam perjalanannya ke luar negeri.

Dugaan gratifikasi terhadap Kaesang muncul setelah Erina Gudono mengunggah foto jendela pesawat yang diduga merupakan jet pribadi Gulfstream G650ER.

Selain itu, ada juga video yang menunjukkan Kaesang dan Erina turun dari jet pribadi dengan nomor registrasi N588SE. Namun, KPK kemudian membatalkan rencana pemanggilan tersebut, meskipun isu ini sempat ramai dibahas oleh warganet.

Saat ini, KPK mempersilakan Kaesang Pangarep untuk memberikan data terkait dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi melalui situs resmi KPK di gol.kpk.go.id.

Sumber: