Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Bandung, Kang DS: Program Genius Ini Penting dan Perlu Dilanjutkan

Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Bandung, Kang DS: Program Genius Ini Penting dan Perlu Dilanjutkan

Bupati Bandung, Dadang Supriatna ketika kunjungan di SDN Pameungpeuk 03 Desa Sukasari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, pada Minggu 8 September 2024-Yusuf-Radar Jabar

Menurutnya, pola hidup sehat diawali dari rumah. Maka kunci keberhasilan supaya anak kita sehat, itu tergantung pendidikan dan ibu asuh di rumah masing-masing.

Pihaknya berharap, berikan motivasi, semangat dan ucapan yang positif kepada anak-anak. Karena dengan ucapan positif akan menambah energi, untuk terus mempunyai keyakinan dalam menggapai masa depan yang lebih baik.

"Manakala anak-anak kita punya keyakinan, manakala anak-anak kita punya komitmen dan optimisme, bahkan dengan sendirinya apa yang dilakukan untuk menuju tujuannya nanti, saya nyatakan dan meyakinkan akan tercapai," ucapnya.

"Maka kerjasama ini penting antara guru, kepala sekolah, orang tua, dan juga kepala desa yang memiliki wilayah di desa. Juga puskesmas yang mempunyai tugas untuk terus memberikan edukasi dengan bagaimana pola hidup yang sehat. Termasuk pola pendidikan yang sehat bisa diterapkan di sekolah," sambungnya.

Kang DS juga terus berusaha untuk memberikan perhatian dalam upaya peningkatan kualitas infrastruktur sekolah, di antaranya kaitan dengan revitalisasi sekolah. 

"Maka jadikan sekolah tempat yang nyaman. Insya Allah program Genius akan terus kita lanjutkan. Dan tentunya kita akan terus merevitalisasi sarana prasarana pendidikan, termasuk memberikan yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten Bandung lebih Bedas," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dispakan Kabupaten Bandung Ina Dewi Kania mengatakan program Genius sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk mempersiapkan generasi emas di tahun 2045.

"Selain mendapat dukungan dari Badan Pangan Nasional, yaitu memilih Kabupaten Bandung dalam kegiatan  Genius ini. Selain itu pelaksanaan Genius ini berkat dukungan dari Bapak Bupati Bandung kepada anak-anak atau para pelajar," ujarnya.

Ina mengatakan sebanyak 185 siswa di sekolah itu mendapatkan kudapan dengan gizi yang baik selama dua bulan atau hingga 2 Oktober 2024.

"Agar mereka bisa tumbuh sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk menjadi generasi yang andal dalam menghadapi Indonesia Emas 2045," harapnya.

Lebih lanjut Ina mengatakan, program Genius ini yang dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional. Di Jawa Barat, paparnya, ada tiga kabupaten, di antaranya Kabupaten Bandung. 

"Untuk support kudapannya dari Badan Pangan Nasional, satu minggu hanya tiga kali diberikan hari senin, rabu dan jumat. Dengan dukungan Pak Bupati Bandung, hari Selasa dan Kamis, kita juga menyediakan kudapan untuk anak-anak sehingga dalam lima hari mereka mendapatkan kudapan dari Badan Pangan Nasional dan Pemkab Bandung," tuturnya.

Pada hari Sabtu, kata Ina, karena anak-anak masih sekolah, Pemkab Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Pameungpeuk dan para orang tua siswa.

"Mereka menyediakan kudapan dari rumahnya masing-masing," ucapnya.

BACA JUGA:Tata Kelola Transportasi Dinilai Baik, Bupati Bandung Sabet Piala Wahana Tata Nugraha dari Kemenhub RI

Sumber: