Presiden RI Kenalkan Presiden Terpilih Prabowo Kepada Paus Fransiskus

Presiden RI Kenalkan Presiden Terpilih Prabowo Kepada Paus Fransiskus

Presiden RI Kenalkan Presiden Terpilih Prabowo Kepada Paus Fransiskus--Antara news

RADAR JABAR- Presiden Joko Widodo memperkenalkan Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto, kepada Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, dalam kunjungan kenegaraan pemimpin umat Katolik dunia tersebut.

Perkenalan ini dilakukan di depan Istana Merdeka setelah Paus diterima dalam upacara kenegaraan oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden juga memperkenalkan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir mendampingi, termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Paus Fransiskus mengunjungi Asia Pasifik pada September 2024 dalam rangka perjalanan apostoliknya, dengan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi dari tanggal 3 hingga 6 September.

 

BACA JUGA:Mengintip Harga dan Spesifikasi Innova Zenix, Mobil Pilihan Paus Fransiskus di Indonesia

BACA JUGA:Paus Fransiskus Gunakan Innova Zenix Hybrid SCV 1 Selama Selama Kunjungan di Indonesia

 

Ini adalah kunjungan Paus Fransiskus yang ketiga kalinya ke Indonesia, setelah kunjungan Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Perjalanan selama 11 hari ke Asia Pasifik ini, dari tanggal 3 hingga 13 September 2024, akan menjadi lawatan terlama Paus Fransiskus yang kini berusia 87 tahun sejak memimpin umat Katolik.

Indonesia dipilih sebagai negara pertama dalam kunjungannya karena memiliki populasi sekitar 20,5 juta umat Kristen, dengan 8,5 juta di antaranya beragama Katolik, di tengah mayoritas penduduk yang beragama Islam.

Setelah kegiatan kenegaraan di Istana Kepresidenan, Paus Fransiskus, yang memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio, dijadwalkan bertemu dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciatura, Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Pada sore hari, sekitar pukul 16.30 WIB, Paus akan bertemu dengan para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.

Kaum muda dari Scholas Occurantes juga akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Paus di Youth Center Graha Pemuda Senayan pada pukul 17.35 WIB.

Pada Kamis, 5 September 2024, Paus dijadwalkan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB, diikuti dengan pertemuan dengan penerima manfaat dari organisasi amal di Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Sore harinya, pukul 17.00 WIB, Paus akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang akan dihadiri oleh ribuan umat Katolik.

Sumber: