Paus Fransiskus Tiba di Jakarta, Warga Bisa Melihat dari Jarak 50 Meter

Paus Fransiskus Tiba di Jakarta, Warga Bisa Melihat dari Jarak 50 Meter

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro usai memimpin apel pengamanan Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, selama kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3–6 September 2024 di Jakarta, S--

RADAR JABAR - Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia akan menjadi momen bersejarah yang bisa disaksikan oleh masyarakat secara langsung. Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat pada 3 September 2024. Warga yang ingin melihat kedatangan pemimpin umat Katolik sedunia ini dapat melakukannya dari jarak 50 meter.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, menyatakan bahwa pihaknya berharap antusiasme warga tidak mengganggu kedatangan Paus Fransiskus.

“Ya tentu kami berharap tidak sampai mengganggu ya. Kita berharap bisa setidaknya sampai radius 50 meter itu nanti bisa terlihat oleh Bapak Paus Fransiskus,” ujar Susatyo di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Susatyo mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak menciptakan keramaian yang bisa mengganggu kelancaran kedatangan Paus Fransiskus dan rombongannya.

 

BACA JUGA:Paus Fransiskus Tiba Di Bandara Seokarno-Hatta Hari Ini

BACA JUGA:270 Personel Gabungan TNI/Polri Disiagakan untuk Sambut Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta

 

Kepolisian telah menyiapkan langkah pengamanan ketat, termasuk penguraian massa jika terjadi kerumunan yang berlebihan.

“Tentu kami akan melakukan pengamanan, tentu tidak sampai mengganggu rute rangkaian kebesaran dari Bapak Paus Fransiskus sehingga kami akan melakukan penguraian kepada massa yang akan datang ke lokasi ini,” jelas Susatyo.

Mengenai arus lalu lintas, Susatyo menyebutkan bahwa saat ini kondisi lalu lintas masih normal dan bersifat situasional, bergantung pada rute yang digunakan oleh rombongan Paus Fransiskus. “Nanti akan lihat rute yang digunakan oleh Bapak Paus Fransiskus, apakah nanti rute menggunakan jalur Sudirman atau rute-rute yang sudah disiapkan oleh jajaran lalu lintas,” tambahnya.

Untuk menjaga keamanan selama kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta, Kepolisian mengerahkan 545 personel gabungan yang akan ditempatkan di sekitar Kedubes Vatikan dan sepanjang jalur kedatangan. Kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian perjalanan beliau di kawasan Asia Pasifik yang berlangsung dari 2 hingga 13 September 2024.

 

BACA JUGA:Dishub DKI Jakarta Terapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk Kunjungan Paus Fransiskus

Sumber: beranda antara