Waspadai 7 Makanan Ini yang Dapat Membahayakan Ibu Hamil, Termasuk Sushi

Waspadai 7 Makanan Ini yang Dapat Membahayakan Ibu Hamil, Termasuk Sushi

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil--Foto: Pixabay

Konsumsi ikan-ikan ini selama kehamilan dapat meningkatkan risiko gangguan perkembangan otak pada janin. Sebagai alternatif, ibu hamil dapat memilih ikan dengan kandungan merkuri rendah, seperti salmon, sarden, atau trout.

6. Hati dan Produk Hati

Hati mengandung vitamin A dalam jumlah yang sangat tinggi, khususnya dalam bentuk retinol. Meskipun vitamin A diperlukan dalam kehamilan, kelebihan retinol dapat menyebabkan cacat lahir dan kerusakan hati pada janin.

Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk membatasi konsumsi hati dan produk olahan dari hati, termasuk beberapa suplemen yang mengandung vitamin A tinggi.

7. Kafein Berlebihan

Kafein adalah stimulan yang terdapat dalam kopi, teh, cokelat, dan beberapa minuman berenergi. Mengonsumsi kafein dalam jumlah besar selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.

Batas aman konsumsi kafein bagi ibu hamil adalah sekitar 200 mg per hari, setara dengan satu cangkir kopi. Penting untuk memperhatikan asupan dari sumber lain seperti teh, cokelat, dan soda untuk menghindari konsumsi berlebihan.

 

Sumber: