10 Kota Tergelap di Dunia dengan Malam Hari Panjang

10 Kota Tergelap di Dunia dengan Malam Hari Panjang

Kota Tergelap di Dunia-adventure.com-

Selain itu, cuaca yang sering berawan di musim dingin juga semakin mengurangi cahaya matahari yang mencapai kota ini.

8. Inuvik – Kanada

Inuvik adalah salah satu kota di dunia yang kurang mendapat sinar matahari. Kota ini terletak di Northwest Territories, Kanada, tepatnya di delta Sungai Mackenzie.

Fenomena malam kutub di Inuvik terjadi selama hampir 50 hari, dari akhir November hingga pertengahan Januari. Selama periode ini, matahari tidak terbit di Inuvik, dan meskipun penduduk masih bisa menikmati senja sipil selama beberapa jam di tengah hari, sebagian besar langit kota ini diselimuti kegelapan.

BACA JUGA:10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

Sebaliknya, pada saat musim panas tiba, matahari tidak terbenam di kota ini selama 54 hari, menciptakan pengalaman siang dan malam yang sangat unik.

9. Tromsø – Norwegia

Di urutan ini, kita kembali ke Norwegia, karena negara ini memiliki wilayah yang sebagian besar berada di lingkaran Arktik. Kota Tromsø, yang terletak tepat di lingkaran Arktik, mengalami periode siang dan malam yang ekstrem.

Dari November hingga Januari, matahari tidak terbit sama sekali di Tromsø, membuat kota ini diselimuti oleh kegelapan selama 24 jam penuh. Sebaliknya, pada musim panas, dari Mei hingga Juli, matahari tidak pernah terbenam, membuat kota ini terang benderang selama 24 jam tanpa malam.

Fenomena ini membuat Tromsø dijuluki "Ibukota Arktik" dan menjadi tujuan wisata populer bagi para pemburu pemandangan Aurora Borealis.

10. Barrow – Amerika Serikat

Kota Barrow, yang terletak di negara bagian Alaska, Amerika Serikat, pantas disebut sebagai salah satu kota tergelap di dunia. Kota ini biasa mengalami periode kegelapan total selama 65 hari, dimulai dari akhir November hingga awal Februari.

Selama periode ini, masyarakat Barrow mengandalkan sumber cahaya buatan untuk beraktivitas. Rumah-rumah dan berbagai bisnis di Barrow selalu dilengkapi dengan lampu.

Meskipun gelap, Barrow menawarkan pemandangan Arktik yang indah. Bahkan, masyarakat Barrow sering keluar untuk menikmati pemandangan tundra yang tertutup salju, pegunungan yang diselimuti es, dan langit malam yang penuh bintang.

Sumber: