10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

10 Kota Terpanas di Indonesia dengan Suhu 30 Derajat Celcius Lebih

10 Daftar Kota Terpanas di Indonesia-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 10 kota terpanas di Indonesia belakangan ini. Masyarakat Indonesia dilanda dengan hawa panas yang cukup menyengat hingga membuat gerah berlebih.

Kami juga akan membahas tentang edukasi pengetahuan umum dan hiburan yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda semua.

Bukan tanpa alasan, cuaca panas yang terjadi di beberapa kota di Indonesia ini disebabkan karena faktor peralihan musim, berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Ada sejumlah daerah yang mengalami cuaca panas yang lebih ekstrem dibandingkan daerah lainnya.

10 Kota Terpanas di Indonesia

Inilah 10 kota dengan suhu tertinggi di Indonesia yang ternyeta tersebar di berbagai provinsi.

1. Kabupaten Kapuas Hulu - Kalimantan Barat

Stasiun meteorologi Pangsuma melaporkan suhu terpanas di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat adalah 33,5 derajat Celsius. Kabupaten Kapuas Hulu, atau yang sering dijuluki puncak Kapuas, adalah kabupaten di provinsi Kalimantan Barat.

BACA JUGA:10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Putussibau. Kabupaten Kapuas Hulu juga merupakan kabupaten paling timur di Provinsi Kalimantan Barat, dengan jarak tempuh dari ibu kota provinsi Pontianak sekitar 657 KM.

Letak kabupaten ini dekat dengan garis katulistiwa, sehingga tidak mengherankan apabila Kabupaten Kapuas Hulu memiliki suhu yang panas di peringkat tertinggi.

2. Kabupaten Poso - Sulawesi Tengah

Stasiun meteorologi melaporkan suhu terpanas di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah adalah 33,6 derajat Celsius. Kabupaten Poso adalah salah satu kabupaten tertua di provinsi Sulawesi Tengah yang beribu kota di Kota Poso.

Kabupaten Poso terletak pada ketinggian 18 meter di atas permukaan laut. Faktor-faktor seperti lokasi yang berada di dataran rendah dan iklim tropis menyebabkan suhu udara yang tinggi di Kota Poso.

Suhu di Kabupaten Poso biasanya bervariasi mulai dari 23 derajat Celsius hingga 32 derajat Celsius, jarang di bawah 22 derajat Celsius atau di atas 34 derajat Celsius.

3. Kabupaten Flores Timur - NTT

Berdasarkan laporan dari stasiun meteorologi Gewayantana, suhu terpanas di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur adalah sekitar 33,7 derajat Celsius.

Kabupaten Flores Timur adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari tiga wilayah utama, yaitu daratan pulau Flores bagian timur dengan ibu kota kabupaten di Kota Larantuka, Pulau Adonara, dan Pulau Solor.

Sumber: