Review Yamaha R15 2024: Tampil Lebih Macho dengan Fitur Berkendara Eksklusif

Review Yamaha R15 2024: Tampil Lebih Macho dengan Fitur Berkendara Eksklusif

R15M Connected/ABS dan R15 Connected-Yamaha motor-

BACA JUGA:4 Keunggulan Yamaha Cygnus Gryphus 2025, Motor Matic Kompak Berteknologi Canggih Rp40 Jutaan

BACA JUGA:Spesifikasi Yamaha XMAX 250 Connected 2024: Harga dan Promo Varian XMAX Connected

Sekarang kita beralih ke bagian kokpit. Pada versi standar, speedometer berbeda dari versi M-nya. Versi standar masih menggunakan desain kotak memanjang yang sama dengan Yamaha R15 generasi sebelumnya. Di bagian kanan terdapat dua tombol menu untuk mengatur menu pada speedometer, serta beberapa indikator seperti netral dan engine check di sebelah kiri dan kanan.

Area samping speedometer menggunakan plastik kasar berwarna hitam. Tampilan segitiga atas sangat sporty dengan beberapa lubang yang memberikan kesan berotot. Tutup shocknya sederhana, berwarna putih.

Untuk keamanan, motor ini masih menggunakan kunci kontak manual, bukan smart key atau keyless. Keamanan hanya bergantung pada kunci stang dan shutter key, tanpa adanya alarm atau fitur enbag.

Dari posisi pengemudi, tampilan kokpit cukup menarik. Windscreen memiliki desain melengkung atau menonjol. Pada bagian stang sebelah kiri terdapat tombol untuk lampu jarak jauh dan dekat, sein, serta klakson. Sementara di sisi kanan terdapat tombol engine cut, hazard, dan starter.

Untuk handle rem dan kopling, keduanya dicat hitam. Handgripnya memiliki tampilan khas Yamaha yang simpel.

Tangki bahan bakar dapat menampung hingga 11 liter dan dilapisi dengan cover, sehingga tangki tidak terlihat langsung. Cover tersebut memiliki desain lubang-lubang yang mirip dengan Yamaha R1 di bagian depan. Logo Yamaha 3D besar menggunakan emblem paduan hitam dengan krom.

BACA JUGA:Yamaha Hadirkan Skutik Premium All New NMAX 2024, Skutik dengan Fitur dan Teknologi yang Canggih, Ini Harganya

BACA JUGA:Yamaha FreeGo 125 Rilis Warna Baru di Indonesia, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

Terdapat beberapa lekukan berwarna abu-abu glossy di bagian tangki, dengan striping kuning yang membentang dari bagian depan, melewati lampu, hingga ke tangki. Juga terdapat striping "Yamaha Motorcycle Connected" menandakan fitur Y-Connected pada Yamaha R15 2024, serta tambahan striping hitam di bagian depan.

Bagian jok berwarna hitam polos dengan tekstur kasar dan terpisah antara bagian depan dan belakang. Terdapat tali di bagian belakang jok yang dapat digunakan untuk menggeser motor di parkiran atau untuk melepas jok belakang jika ingin mengganti dengan single seat. Di bagian depan jok, terdapat colokan anak kunci untuk melepas jok.

Area tengah motor menggunakan plastik kasar berwarna hitam dengan tekstur bintik-bintik di permukaannya, serta terdapat lubang di bagian tengah dan depan.

Bagian body belakang juga menarik, dengan body utama berwarna hitam dan terbuat dari plastik kasar. Ada desain layer melengkung di bagian luar body yang berlubang, sehingga jika dilihat dari belakang, tampak bolong.

Bagian belakang motor ini menggunakan warna abu-abu glossy dengan balutan striping silver dan garis warna kuning. Terdapat fitur unggulan VVA (Variable Valve Actuation) pada Yamaha R15 ini.

Sumber: