Komisi I DPRD Jabar Minta Moratorium Pemekaran Daerah Segera Dicabut: Fokus pada Pelayanan Efektif

Komisi I DPRD Jabar Minta Moratorium Pemekaran Daerah Segera Dicabut: Fokus pada Pelayanan Efektif

Komisi I DPRD Jabar Minta Moratorium Pemekaran Daerah Segera Dicabut Fokus--Sumber gambar: Antaranews.com

RADAR JABAR - Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat mengharapkan agar pemerintah pusat mencabut moratorium pembentukan daerah otonom baru (DOB) dalam rangka Hari Jadi ke-79 Provinsi Jabar.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen terus memperjuangkan pembentukan DOB, mendorong agar aspirasi masyarakat Jabar terkait pemekaran daerah didengar oleh pemerintah pusat, serta berharap moratorium pemekaran daerah ini dapat dicabut oleh Presiden Joko Widodo atau presiden terpilih yang akan datang.

"Kami sudah berupaya keras, sudah melaksanakan program persiapan dan pengkajiannya dengan betul-betul mengikuti sesuai aturan yang diusulkan oleh pemerintah pusat. Namun, semuanya menunggu pencabutan moratorium oleh presiden," kata Budi Budiman di Bandung, Kamis.

Komisi I DPRD Jawa Barat yakin bahwa persiapan pembentukan CDOB di Jawa Barat akan berhasil, mengingat Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin dan DPRD Jabar telah menyelesaikan tahap persetujuan dan mengajukan usulan tersebut kepada DPR serta Kementerian Dalam Negeri.

 

BACA JUGA: Berkat Arahan Bupati, Pemkab Bandung Raih Penghargaan Inovasi Data Kemiskinan Terbaik se-Jawa Barat



"Dengan jumlah penduduk yang besar, seperti di Kabupaten Bogor yang penduduknya mencapai lebih dari lima juta, kita membutuhkan pemekaran yang lebih banyak di tingkat kabupaten agar pelayanan dan pembangunan dapat berjalan lebih efektif. Pada momentum HUT ke-79 Jabar ini kami berharap moratorium pemekaran segera dicabut pemerintah pusat," ujarnya.

Bedi berharap agar Jawa Barat memiliki masa depan yang cerah dan kuat dengan menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai tingkatan pemerintahan dan lembaga dalam menghadapi tantangan pembangunan yang kompleks.

"Sebagai provinsi terbesar dengan penduduk terbanyak di Indonesia, semoga apapun rintangan yang dihadapi dapat menangani masalah-masalah yang terjadi, seperti masalah pembangunan, sosial, dan masalah lainnya," tutur Bedi Budiman.

Diketahui bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah mengajukan sembilan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB).

Sembilan CDOB tersebut meliputi Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, Kabupaten Garut Utara, dan yang terbaru, Kabupaten Subang Utara.

Sumber: antaranews.com