PLN Icon Plus Dukung Penuh PLN dalam Apel Kesiapan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 di IKN

PLN Icon Plus Dukung Penuh PLN dalam Apel Kesiapan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 di IKN

Untuk mendukung Upacara Kemerdekaan RI ke-79 di IKN, PLN Icon Plus menyiapkan infrastruktur dan layanan teknologi komunikasi PLN selama acara tersebut.--Istimewa

RADAR JABAR – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), PLN Icon Plus turut menyiapkan infrastruktur dan layanan teknologi komunikasi PLN selama kegiatan berlangsung.

Dalam Apel Siaga yang dilaksanakan di IKN pada tanggal 16 Agustus 2024, PLN Icon Plus berkomitmen dalam menjamin kesiapan jaringan komunikasi untuk mendukung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 serta turut mendukung sistem ketenagalistrikan PLN.

Untuk mendukung jaringan komunikasi di IKN, PLN Icon Plus telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi Fiber Optic sepanjang 33.129 km, yang merupakan 74,6% dari rencana infrastruktur ketenagalistrikan sepanjang 44.400 km.

BACA JUGA:Calon Pimpinan KPK dan Tantangan 79 Tahun Indonesia Merdeka

Infrastruktur ini telah siap sepenuhnya untuk mendukung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di IKN, memastikan bahwa semua kebutuhan listrik dan telekomunikasi dapat berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, PLN Icon Plus juga telah menyiapkan seluruh layanan telekomunikasi dan keamanan siber (cyber security) yang diperlukan untuk mendukung sistem ketenagalistrikan dalam rangka upacara tersebut.

Layanan ini mencakup 15 link SCADA & Proteksi, 15 CCTV, serta sistem internet dan firewall yang telah diuji dan dipastikan beroperasi dengan baik. Semua ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan sistem ketenagalistrikan selama perayaan berlangsung.

Sebagai langkah preventif, PLN Icon Plus juga telah menyiagakan 78 personil, 22 mobil, dan 2 motor yang ditempatkan di 19 titik strategis untuk menjaga keandalan kawasan inti IKN dan backbone system pendukung. Operasi ini telah dimulai sejak 14 Agustus 2024 dan akan terus berlangsung hingga selesainya upacara.

BACA JUGA:Gerakan Bersih Pelabuhan, Aksi Nyata PLN Icon Plus Wujudkan Pelabuhan Asri dan Berseri

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan, “PLN Icon Plus berkomitmen penuh dalam mendukung kelancaran Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara melalui penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan layanan teknologi informasi yang andal. Kami memastikan kesiapan layanan telekomunikasi untuk mendukung keandalan sistem ketenagalistrikan dari PLN selama kegiatan berlangsung.”

Untuk mendukung operasional kendaraan listrik di IKN, PLN Icon Plus turut mendukung jaringan komunikasi untuk 14 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Jaringan komunikasi untuk SPKLU ini menggunakan infrastruktur fiber optic dan telekomunikasi yang dibangun oleh PLN Icon Plus di IKN.

PLN Icon Plus turut mendukung kelancaran operasional kendaraan listrik melalui aplikasi PLN Mobile, yang dirancang untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik dengan fitur-fitur seperti pengisian daya di SPKLU, pemantauan status pengisian, pembayaran, pemetaan lokasi charger, serta manajemen energi untuk home charging. 

Dengan berbagai persiapan dan infrastruktur yang telah disiapkan, PLN Icon Plus berkomitmen penuh untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN.

BACA JUGA:Rapat Paripurna HUT Kemerdekaan RI ke-9, Ketua DPRD Rudy Susmanto: Makna Kemerdekaan Simbol Keberagaman

Sumber: