Calon Independen Dharma-Kun Wardhana Kumpulkan 749.298 Dukungan untuk Maju di Pilgub DKI 2024, Ini Profilnya!

Calon Independen Dharma-Kun Wardhana Kumpulkan 749.298 Dukungan untuk Maju di Pilgub DKI 2024, Ini Profilnya!

Calon Independen Dharma- Kun Wardhana Kumpulkan 749.298 Dukungan untuk Maju di Pilgub DKI 2024, Ini Profilnya!--(Sumber Gambar : Antara)

Dharma Pongrekun adalah seorang purnawirawan Polri dengan pangkat terakhir Komisaris Jenderal (Komjen). Pria lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 ini memiliki pengalaman luas di bidang reserse selama karirnya di kepolisian. Menariknya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada tahun 2019.

BSSN merupakan lembaga pemerintah yang berfokus pada keamanan informasi dan keamanan siber. Selain menjadi Wakil Kepala BSSN, Dharma, yang kini berusia 58 tahun, juga pernah menduduki posisi sebagai Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Pati Bareskrim Polri, Karorenmin Bareskrim Polri, dan Dirtipnarkoba Bareskrim Polri.

Di akhir masa tugasnya sebagai polisi, Dharma menjabat sebagai Pati Lemdiklat Polri dari tahun 2021 hingga 2024.

Sementara itu, Kun Wardana adalah seorang akademisi dan politisi Indonesia. Ia mengajar di Institut Sains dan Teknologi Nasional, Jakarta. Dalam karir politiknya, Kun pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) periode 2010–2015, sebelum akhirnya beralih ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Kun juga pernah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPR mewakili PAN untuk daerah pemilihan Jawa Timur II pada Pemilu 2019. Pada tahun 2024, ia maju sebagai kandidat Wakil Gubernur Jakarta mendampingi Dharma Pongrekun, dengan mengumpulkan 749.298 dukungan, memenuhi syarat minimal dan menjadi satu-satunya pasangan calon independen.(*).

Sumber: antara dan jawa pos

Berita Terkait