Antrean Hingga 20 Tahun, Dadang Supriatna Minta Kemenag Tambah Kuota Haji Kabupaten Bandung

Antrean Hingga 20 Tahun, Dadang Supriatna Minta Kemenag Tambah Kuota Haji Kabupaten Bandung

Dadang Supriatna Minta Kemenag Tambah Kuota Haji Kabupaten Bandung--Istimewa

RADAR JABAR - (KAB BANDUNG) Bupati Bandung Dadang Supriatna mengambil langkah proaktif dengan mengajukan tambahan kuota haji Kabupaten Bandung kepada Kementerian Agama (Kemenag), mulai tahun depan. 

Langkah itu dilakukan Bupati Dadang Supriatna mengingat antrean atau daftar tunggu calon jemaah haji Kabupaten Bandung yang semakin panjang, mencapai rentang waktu 10 hingga 20 tahun. 

Permohonan tambahan kuota haji tersebut disampaikan Bupati Dadang Supriatna pada acara Do'a Bersama dan Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 2024 di Pondok Pesantren Darul Ma'arif, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu (31/7/2024). 

"Saya minta kepada Kanwil Kemenag Jawa Barat, tahun depan supaya kuota haji Kabupaten Bandung ditambah lagi. Sebab, waiting list (daftar tunggu) kami sudah 10 hingga 20 tahun," ujar Bupati Dadang Supriatna. 

BACA JUGA:Polresta Bandung Ringkus 17 Pengedar Narkoba Dalam Operasi Antik 2024

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu menyebut tahun 2024 ini kuota haji Kabupaten Bandung hanya 2.905 orang. Ia berharap Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat maupun Kemenag Kabupaten Bandung dapat memperjuangkan tambahan kuota haji mulai tahun 2025 untuk Kabupaten Bandung. 

Terlebih, kata Dadang Supriatna, penduduk Kabupaten Bandung termasuk yang paling besar di Provinsi Jawa Barat, dengan jumlah penduduk mencapai hampir 3,8 juta jiwa. Ditambah lagi, animo masyarakat Kabupaten Bandung yang ingin melaksanakan ibadah haji terus meningkat dari tahun ke tahun. 

"Kita do'akan Kanwil Kemenag Jawa Barat bisa memperjuangkan untuk menambah kuota haji Kabupaten Bandung," ungkap Kang DS, seraya disambut tepuk tangan meriah para pengurus KBIH. 

Penambahan kuota haji, lanjut Kang DS, akan berdampak langsung pada semakin pendeknya waktu daftar tunggu para calon jamaah haji asal Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, ia berharap usulannya dapat dikabulkan Kemenag RI. 

BACA JUGA:Fokus di Bidang Jasa, Koperasi PWI Kabupaten Bandung Gelar RAT

"Sekarang kan harus menunggu 10 hingga 20 tahun. Nah jika kuota hajinya ditambah, maka waktu tunggu para calon jamaah haji dapat dipersingkat secara signifikan," jelas Kang DS. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung itu juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenag, para petugas haji serta seluruh KBIH yang telah sukses menyelenggarakan pelayanan ibadah 2024.

"Kalau ada yang masih kurang, mari kita perbaiki. Tapi alhamdulillah penyelenggaraan haji Kabupaten Bandung mulai dari persiapan, manasik hingga penyelenggaraan sangat baik dan sukses," ungkap Dadang Supriatna. 

BACA JUGA:KPK Pilih Kabupaten Bandung Jadi 3 Besar Kabupaten/Kota Percontohan Anti Korupsi

Sumber: