13 Fakta Menarik Korea Selatan yang Belum Banyak Orang Tahu

13 Fakta Menarik Korea Selatan yang Belum Banyak Orang Tahu

13 Fakta Menarik Korea Selatan-Ilustrasi/Unsplash-

Fakta ini mungkin mengejutkan, terutama jika Anda berasal dari luar Asia Timur, di mana golongan darah tidak terlalu diperhatikan. Namun, di Jepang dan Korea Selatan, golongan darah dianggap sebagai indikasi kepribadian seseorang.

Oleh karena itu, beberapa orang Korea juga memperhatikan kecocokan golongan darah saat berkencan atau mencari pasangan romantis.

11. Orang Korea 1 Tahun Lebih Tua Saat Lahir

Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang Korea Selatan dianggap satu tahun lebih tua karena mereka menghitung usia sejak lahir.

Orang Korea Selatan merayakan ulang tahun mereka pada tanggal yang sama dengan orang lain, tetapi usia mereka tidak akan berubah sampai Tahun Baru, yaitu setiap tanggal 1 Januari.

BACA JUGA:8 Makanan Khas Korea yang Tidak Lazim untuk Dimakan

Jika Anda ingin mengetahui usia seseorang menurut perhitungan Korea, cukup kurangi tahun lahir dari tahun sekarang dan tambahkan satu. Penting untuk membedakan antara usia internasional dan usia Korea saat seseorang menanyakan usia Anda di Korea Selatan.

12. WiFi Dapat Ditemukan di Mana-mana

Pecinta media sosial akan mengagumi budaya internet di Korea Selatan karena negara ini memiliki jaringan internet tercepat di dunia.

Selain itu, Anda dapat terhubung ke WiFi hampir di mana saja di Seoul. Secara harfiah, ada konektivitas WiFi saat Anda berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan seringkali Anda dapat terhubung secara gratis.

13. Ada Lebih dari 200 Jenis Kimchi

Anda tidak akan pernah menemukan restoran Korea yang tidak menyajikan kimchi. Bagi orang Korea, kimchi ibarat sambal bagi orang Indonesia. Mereka sangat menyukai kimchi sehingga telah menghasilkan lebih dari 200 jenis kimchi yang terdokumentasi hingga saat ini, semuanya dengan rasa yang berbeda.

Orang Korea tidak hanya menyajikannya sebagai lauk atau pelengkap, tetapi juga telah berinovasi dengan memasukkannya ke dalam burger, pizza, dan bahkan jeon (pancake ala Korea). Selain nikmat, kimchi juga memiliki nilai gizi yang tinggi berkat proses fermentasi sayuran.

Kimchi mengandung bakteri asam laktat yang membantu meningkatkan pencernaan, melawan bakteri, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah perkembangan kanker. Jenis kimchi yang paling populer di Korea dilaporkan adalah kimchi kubis, lobak, air, dan mentimun.

Sumber: