Pemkab Bekasi Adakan Pembinaan Teknis untuk Ribuan Amil Jenazah

Pemkab Bekasi Adakan Pembinaan Teknis untuk Ribuan Amil Jenazah

Pembinaan teknis amil jenazah se-Kabupaten Bekasi, Jawa Barat di Masjid Izzatul Islam Grand Wisata, Kecamatan Tambun Selatan, Kamis (18/7)--ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

RADAR JABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, menyelenggarakan kegiatan pembinaan teknis bagi ribuan amil jenazah di Masjid Izzatul Islam Grand Wisata, Kecamatan Tambun Selatan.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan ini diadakan setiap tahun untuk menyediakan fasilitas dan ketenangan bagi masyarakat, dari lahir hingga meninggal dunia.

BACA JUGA:MKKS Sukabumi Tekankan Pentingnya Pencegahan Perundungan di Sekolah

"Ini bukan baru sekarang tapi sudah bertahun-tahun dilaksanakan. Jadi tujuannya kita ingin memberikan kehidupan masyarakat selengkap-lengkapnya mulai dari lahir sampai meninggal dunia itu kita berikan fasilitas," ujarnya di Cikarang, Kamis (18/7).

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk dukungan pemerintah terhadap amil jenazah dengan memberikan pengetahuan mendalam tentang tata cara pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam.

Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan honor berupa uang transportasi bulanan kepada para amil jenazah untuk meningkatkan motivasi mereka dalam menjalankan tugas.

BACA JUGA:Buku 'Simi Penyu Yang Kuat' Karangan Istri Bupati Sukabumi Tidak Diperjualbelikan

Menurut Dani, amil jenazah adalah pekerja sosial tanpa gaji rutin bulanan, sehingga pemberian honor oleh pemda sangat penting untuk kesejahteraan mereka.

Hal ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Bekasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberantas kemiskinan dengan mendukung masyarakat produktif yang memberikan jasa sosial.

"Karena mereka adalah pekerja sosial tidak ada gajinya, kalau transportasi itu wajar kita berikan. Tapi ke depan saya melihat dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberantas kemiskinan bisa juga kita salurkan melalui masyarakat-masyarakat produktif ini," ucapnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jawa Barat Siap Optimalkan Sistem Pompanisasi untuk Antisipasi Kekeringan Musim Kemarau

Sri Enny Mainiarti, selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bekasi, mengatakan pemda terus mendorong partisipasi penyelenggara jasa layanan masyarakat di bidang keagamaan.

Ia menyebutkan bahwa saat ini ada 2.991 amil jenazah yang tercatat di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Pemkab Bekasi memberikan pembinaan teknis kepada amil jenazah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sumber: antara