Antisipasi Penyalahgunaan untuk Mabuk, Puluhan Pohon Kecubung di Cianjur Dimusnahkan

Antisipasi Penyalahgunaan untuk Mabuk, Puluhan Pohon Kecubung di Cianjur Dimusnahkan

Aparat gabungan Satpol PP Cianjur, Jawa Barat, bersama TNI/Polri dan warga munahkan pohon Kecubung dengan cara dibakar guna menghindari penyalagunaan, Rabu 17 Juli 2024-Ahmad Fikri-ANTARA

Radar Jabar Disway – Aparat gabungan Satpol PP Cianjur bersama TNI/Polri memusnahkan puluhan pohon kecubung di Kecamatan Mande sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan untuk mabuk. Pemusnahan pohon-pohon kecubung itu dilakukan dengan cara dibakar.

 

Pemusnahan pohon kecubung dengan cara ditebang dan dibakar dilakukan bersama termasuk warga pemilik lahan di mana pohon tumbuh dengan sendirinya. Hal ini sebagimana kata Kasi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Satpol PP Kecamatan Mande, Ahmad Isis Iskandar.

 

“Kami juga melakukan sosialisasi pada masyarakat soal bahaya dari mengkonsumsi kecubung yang dampaknya sangat berbahaya termasuk mengalami gangguan jiwa seperti yang terjadi di wilayah timur Indonesia tepatnya di Banjarmasin-Kalsel,” jelas Ahmad di Cianjur, Jawa Barat, Rabu 17 Juli 2024, dikutip dari Antara.

 

BACA JUGA:Polda Kalimantan Jelaskan Efek Mabuk Kecubung, Gara-Gara Zat Berbahaya Ini

 

Memang ada yang memanfaatkan kecubung untuk pengobatan, tapi menurutnya, harus berkonsultasi dengan pihak berwenang dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur. Selain itu warga diminta melapor apabila melihat ada pohon kecubung di wilayahnya untuk dimusnahkan.

 

“Bagi warga yang mendapati keberadaan pohon kecubung dapat memusnahkan sendiri dengan cara ditebang dan dibakar atau melaporkan ke aparat setempat untuk ditindaklanjuti,” ucap dia.

 

Pemusnahan pohon kecubung yang tertanam di lahan milik warga bakal dilakukan secara rutin demi mengantisipasi penyalahgunaan, khususnya untuk mabuk-mabukan. Pasalnya itu bisa membuat kejiwaan penggunanya terganggu, termasuk mengakibatkan kematian.

 

Sumber: