10 Suku Tertua di Indonesia, Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

10 Suku Tertua di Indonesia, Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

Suku Tertua di Indonesia-Ist-

Gelombang pertama terdiri dari ras Australoid, yang kemudian diikuti oleh ras Mongoloid. Gelombang ini berlanjut hingga suku Dayak memiliki banyak bahasa dan karakteristik budaya.

4. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan suku yang mendiami Pulau Sumatera dan sekitarnya. Suku ini juga merupakan salah satu bangsa terbesar yang ada di Indonesia.

Suku Melayu dibedakan dalam dua golongan, yaitu golongan Melayu Muda atau Melayu Deutero, yang diperkirakan datang ke Sumatera sekitar 500 tahun sebelum Masehi, dan golongan Melayu Proto atau Melayu Tua, yang datang sekitar 1.500 tahun sebelum Masehi.

Suku Melayu menyebar hampir di seluruh penjuru dunia seperti di Pulau Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, dan Burma Selatan.

5. Suku Jawa

Suku Jawa merupakan suku mayoritas di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 40,45% dari total jumlah penduduk. Suku Jawa termasuk suku tertua berdasarkan hasil penelitian arkeologi. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa suku Jawa merupakan suku pribumi yang sudah ada sejak dahulu kala.

Penemuan fosil Pithecanthropus erectus pada tahun 1891 di Trinil menunjukkan bahwa suku Jawa dahulu dan kini mempunyai banyak kemiripan. Teori kedua berdasarkan sejarawan yang mengatakan suku Jawa berasal dari Yunan dan masih merupakan ras Austronesia.

Kelompok ini datang ke Nusantara sekitar 2.000 tahun sebelum Masehi. Teori ketiga berdasarkan surat kuno yang dikirim oleh Keraton Malang, yang berisi tentang raja Turki yang mengirimkan rakyatnya ke Pulau Jawa untuk membangun pemukiman. Surat tersebut ditulis pada 450 tahun sebelum Masehi. Bukti ini dianggap yang paling kuat dibandingkan dengan bukti yang lainnya.

6. Suku Dani

Suku Dani adalah suku asli yang bermukim di Pulau Papua, tepatnya di Lembah Baliem, Pegunungan Tengah Jayawijaya, dan beberapa daerah di Puncak Jaya. Menurut cerita sejarah, Suku Dani sudah ada di Papua sejak ratusan tahun yang lalu.

Suku Dani meyakini mereka berasal dari sepasang suami istri yang tinggal di sebuah danau di desa bernama Maina di Lembah Baliem. Hingga saat ini, Suku Dani belum terpengaruh oleh modernisasi dan masih menganut ajaran nenek moyang.

BACA JUGA:5 Teori Asal-Usul Orang Jawa Berdasarkan Catatan Sejarah

Suku Dani dibagi menjadi tiga macam sub keluarga, yaitu sub keluarga Wano yang mendiami wilayah Bokondini, sub keluarga Dani Pusat di lembah besar Dugawa, dan sub keluarga Galik dan Das.

7. Suku Mentawai

Suku Mentawai adalah suku yang mendiami Pulau Mentawai di barat Pulau Sumatera. Kabupaten Mentawai termasuk dalam Provinsi Sumatera Barat.

Nenek moyang Suku Mentawai diyakini para peneliti sudah mendiami kepulauan di barat Sumatera sejak 500 tahun sebelum Masehi.

Suku Mentawai menyebar di Pulau Siberut dan sekitarnya. Suku ini tidak pernah dijajah bangsa lain, hal ini ditunjukkan oleh tidak adanya tanda-tanda peradaban lain selain suku Mentawai.

8. Suku Gayo

Suku Gayo adalah suku yang mendiami dataran tinggi Gayo yang berada di wilayah tengah Provinsi Aceh.

Sumber: