10 Pulau Terindah di Indonesia 2024 dengan Pemandangan Menakjubkan

10 Pulau Terindah di Indonesia 2024 dengan Pemandangan Menakjubkan

10 Pulau Terindah di Indonesia-IST-

RADAR JABAR - Kali ini kita akan membahas tentang 10 pulau terindah di Indonesia. Keindahan alam Indonesia memang tidak pernah habis untuk dijelajahi.

DestinAsian kembali merilis penghargaan tahunan Readers’ Choice Awards untuk tahun ke-17. Di salah satu kategorinya, yaitu pulau terbaik, ada dua pulau di Indonesia yang masuk dalam daftar.

"Hasilnya adalah daftar 230 properti yang Anda, para pemilih, anggap sebagai tempat menginap terbaik di kawasan ini, yang disertakan di sini bersama kota, pulau, jalur pelayaran, maskapai penerbangan favorit, dan masih banyak lagi," kata pernyataan tersebut, sambil berterima kasih kepada para pembacanya.

Di kategori pulau terbaik, Bali menempati puncak daftar, sementara Lombok berada di akhir daftar bergengsi tersebut. Pulau-pulau indah di Indonesia menawarkan panorama yang memukau hati dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta keanekaragaman hayati yang menakjubkan.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 17.580 pulau dan diapit oleh benua Asia dan Benua Australia serta dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Namun selain Bali dan Lombok, inilah pulau terindah di Indonesia yang tak kalah menakjubkan dari dua pulau tersebut.

1. Pulau Manimbora – Kalimantan Timur

Di peringkat ke-10 ada Pulau Manimbora. Pulau Manimbora terletak di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ada alasan kenapa pulau ini mendapat julukan yang unik sebagai "Pulau Spongebobnya Indonesia".

BACA JUGA:10 Pulau Terindah di Asia Tenggara untuk Liburan yang Menakjubkan

Jika kamu suka menonton serial kartun Spongebob, maka kamu akan tahu alasannya, yaitu bentuk Pulau Manimbora mirip sekali dengan pulau kecil yang muncul di intro serial kartun tersebut. Walaupun Pulau Manimbora tidak terlalu luas, namun keindahannya pasti akan membuatmu terpesona.

Pulau ini dipenuhi pasir berwarna putih di sekelilingnya dan di tengah pulau tumbuh subur tanaman hijau serta beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi. Selain itu, perairan biru dan jernih yang mengelilingi pulau menambah keindahan Pulau Spongebob ini.

2. Nusa Penida – Bali

Nusa Penida merupakan kepulauan yang terletak di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Secara administratif, Nusa Penida terletak di satu kecamatan yaitu Kecamatan Nusa Penida.

Nusa Penida terkenal dengan keindahan alam bawah laut serta keindahan alam yang eksotik. Perbukitan dan kapur karang merupakan kondisi tanah di pulau ini.

Nusa Penida memiliki panjang garis pantai sekitar 77,5 km yang didominasi pantai bertebing mencapai 56,9 km yang tersebar di bagian timur, selatan, dan barat. Pulau Nusa Penida juga merupakan daerah tujuan pariwisata spiritual khusus bagi umat Hindu di seluruh Nusantara.

3. Pulau Mentawai – Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Meski gempa bumi sering menyambangi Pulau Mentawai, pulau ini menyimpan banyak pesona yang membuat kita harus memasukkannya ke dalam daftar destinasi liburan.

Selain terkenal dengan keunikan budaya yang masih terjaga, Pulau Mentawai mempunyai pesona pantai yang eksotis dan ombak-ombaknya yang cantik. Posisinya yang langsung menghadap Samudra Hindia membuat kepulauan ini memiliki ombak besar yang sangat konsisten, sehingga menjadi surga bagi para peselancar dunia dan masuk ke jajaran ombak terbaik di dunia.

Sumber: