10 Pulau Terindah di Indonesia 2024 dengan Pemandangan Menakjubkan

10 Pulau Terindah di Indonesia 2024 dengan Pemandangan Menakjubkan

10 Pulau Terindah di Indonesia-IST-

Meskipun harus menempuh jalur laut yang cukup panjang, destinasi yang memiliki julukan "Bumi Sikerei" ini memiliki potensi wisata yang sangat besar.

4. Pulau Weh – Aceh

Pulau Weh terletak di bagian utara daratan Aceh. Pulau ini merupakan salah satu dari 111 pulau kecil terluar Negara Republik Indonesia yang terletak di Laut Andaman. Pulau Weh dijuluki "Surga Ujung Barat Indonesia" karena keindahan alamnya yang menjadi magnet wisata, terutama bagi turis mancanegara.

Kota Sabang, sebagai pintu gerbang ujung barat Indonesia, terletak di Pulau Weh, maka banyak orang menyebut Pulau Weh sebagai Pulau Sabang. Pulau Weh dikenal memiliki keindahan alam dan taman laut.

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh dapat menikmati keindahan biota laut yang indah dan cantik melalui kegiatan diving atau snorkeling. Selain keindahan bawah laut, Pulau Weh juga memiliki potensi keanekaragaman satwa, mulai dari reptil, monyet ekor panjang, dan beragam jenis burung migran.

5. Pulau Labengki – Sulawesi Tenggara

Secara administratif, Pulau Labengki berada di Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau Labengki dikelilingi oleh lautan, terutama beberapa pulau kecil di sekelilingnya yaitu Pulau Bahubulu dan Pulau Mana.

Pulau Labengki dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat lantaran memiliki pulau-pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan biru. Wisatawan bisa mendaki puncak bukit untuk menyaksikan panorama menawan tersebut.

Akses menuju Pulau Labengki hanya bisa dilalui lewat laut. Wisatawan bisa berangkat dari sejumlah tempat, salah satunya dari pelabuhan Kota Kendari yang berjarak sekitar 55 km.

6. Pulau Bawah – Kepulauan Riau

Pulau Bawah terletak di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Kepulauan Anambas sendiri memiliki lebih dari 250 pulau kecil yang sebagian besar tidak berpenghuni. Keindahan dan pesona alamnya pun tidak perlu diragukan lagi, terutama Pulau Bawah.

Pulau ini dijuluki sebagai kawasan elit karena orang-orang yang datang ke sini biasanya kaum "crazy rich". Pulau ini dikenal dengan tempat wisata yang mahal. Hal ini wajar karena semakin sulit suatu tempat wisata dituju dan semakin banyak kekhasan dari tempat wisata itu, maka akan dicari oleh para wisatawan yang memiliki banyak uang.

Pulau Bawah disebut juga sebagai Surga Tersembunyi di Indonesia, menyajikan panorama yang memukau. Pulau Bawah tidak hanya memiliki keindahan pantainya saja, tetapi kelestarian hutan bakaunya juga membuat habitat alami hewan yang hidup di sana tetap terjaga.

7. Pulau Padar – Nusa Tenggara Timur

Pulau Padar terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang terdapat di Taman Nasional Komodo dan merupakan pulau terbesar ketiga di taman nasional tersebut.

Banyak wisatawan yang datang ke Pulau Padar untuk melihat keindahan laut dan daratan di wilayah Taman Nasional Komodo. Pulau Padar adalah pulau yang sangat istimewa dan telah diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO.

BACA JUGA:7 Alasan Kamu Harus Wisata ke Pulau Harapan, Surga Tersembunyi di Utara Jakarta

Pulau Padar memiliki topografi yang sangat terjal dengan gunung-gunung vulkanik di dalam laut dan bukit yang berhadapan dengan teluk laut yang sangat dalam. Pulau ini memiliki iklim yang kering dengan semak dan pepohonan padang rumput sehingga terlihat hamparan sabana yang sangat luas.

Berbeda dengan Pulau Komodo yang dihuni oleh hewan komodo, hewan endemik asli Indonesia tersebut tidak menghuni Pulau Padar karena rantai makanan di pulau tersebut sudah putus.

8. Pulau Kei – Maluku

Sumber: