Kembangkan Durian, Purwakarta Siapkan Ratusan Hektare Lahan

Kembangkan Durian, Purwakarta Siapkan Ratusan Hektare Lahan

Foto Ilustrasi - Petani memetik buah durian-Dokumentasi Harviyan Perdana Putra-ANTARA

Radar Jabar Disway – Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta menyiapkan ratusan hektare lahan untuk pengembangan budi daya buah durian. Tujuannya supaya menjadi komoditas hortikultura andalan baru pasca buah manggis.

 

“Peluang pasar komoditas buah durian masih sangat terbuka, baik pasar nasional maupun pasar internasional. Jadi peluang itu harus kita manfaatkan dengan baik,” ujar Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan, di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis 27 Juni 2024, dikutip dari Antara Jabar.

 

Menurut dia komoditas hortikultura buah manggis khas Purwakarta semenjak beberapa tahun terakhir sudah masuk pasar internasional. Berikutnya, pihaknya bakal mengembangkan komoditas lain, buah durian.

 

BACA JUGA:Berbagai Jenis Produk UMKM Purwakarta di Galeri Menong Diborong Mendag Zulhas

 

Rencananya, pengembangan komoditas durian akan dilakukan di 11 kecamatan sekitar Purwakarta. Di antaranya di Kecamatan Pondoksalam, Cibatu, Wanayasa, Bungursari, Campaka, Pasawahan, Sukasari, Plered, Tegalwaru, Purwakarta, serta Kecamatan Darangdan.

 

Sebagaimana data Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, sekitar 750 hektare lahan Perkebunan telah disiapkan guna pengembangan budi daya komoditas buah durian.

 

BACA JUGA:765 Unit Rumah Tak Layak Huni di Wilayah Purwakarta Telah Diperbaiki

 

Di areal perkebunan itu pun telah ditanam 75.012 pohon durian berbagai jenis varian dan umur. Sebanyak 25.134 pohon durian dari jumlah tersebut sudah berada pada usia produktif.

 

Midan menjelaskan pihaknya mengajak para petani untuk berperan aktif dalam pengembangan komoditas andalan baru ini.

Sumber: