5 Tips Menyimpan Daging Kurban dan Mengetahui Daging yang Masih Layak

5 Tips Menyimpan Daging Kurban dan Mengetahui Daging yang Masih Layak

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama-RJ-

RADAR JABAR - Ketika Idul Adha tiba, banyak daging yang diterima dan tidak mungkin dihabiskan dalam sehari. Terdapat cara menyimpan daging kurban yang benar agar tahan lama.

Oleh karena itu, daging perlu disimpan dengan benar agar tidak rusak dan bisa dikonsumsi di kemudian hari.

Cara terbaik untuk menyimpan daging adalah dengan menaruhnya di dalam kulkas atau lemari pendingin.

Namun, untuk menjaga kualitas daging, sebaiknya bungkus rapat untuk meminimalisir paparan udara yang bisa mengubah tekstur daging.

5 Cara Menyimpan Daging Kurban

Berikut ini adalah 5 tips menyimpan daging kurban yang benar supaya tahan lama dan bisa disimpan hingga hitungan bulan.

1. Jangan Dicuci

Saat akan menyimpan daging kurban, jangan dicuci terlebih dahulu. Meskipun daging tampak kotor, mencucinya sebelum disimpan bisa menyebabkan kuman masuk melalui pori-pori, yang dapat mempercepat pembusukan meskipun disimpan di dalam freezer.

BACA JUGA:6 Metode yang Efektif Untuk Menyimpan Daging Kurban Agar Bertahan Lama

Cukup bersihkan daging dengan menepuk-nepuknya menggunakan tisu agar cairan dan kotoran terangkat.

2. Potong Daging

Potong daging dalam ukuran yang lebih kecil atau sesuai kebutuhan memasak sebelum disimpan. Setelah dipotong-potong, taruh dalam plastik bening dengan porsi sesuai kebutuhan memasak.

Ini memudahkan saat akan memasak, cukup mengambil sesuai kebutuhan, sementara daging lain tetap bisa beku tanpa terpapar udara.

3. Kemas Daging

Heather Marold Thomason, pendiri Primal Supply Meats, merekomendasikan untuk mengemas daging dalam kertas khusus daging sebelum dimasukkan ke dalam kantong ziplock yang rapat dan tertutup.

Pembekuan daging sebaiknya dilakukan sesegera mungkin saat daging masih segar. Meskipun daging dapat disimpan dalam freezer untuk waktu yang lama, sebaiknya tidak disimpan terlalu lama.

Thomason juga mengingatkan untuk tidak pernah membekukan kembali daging yang sudah dicairkan karena kualitasnya akan menurun.

4. Mencairkan Daging di Air Keran

Jangan mencairkan daging beku dengan air hangat atau panas karena dapat membuat daging menjadi alot dan memungkinkan bakteri masuk.

Sumber: