Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Cimahi Gelar Uji Emisi Kendaraan Bermotor Secara Gratis

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Cimahi Gelar Uji Emisi Kendaraan Bermotor Secara Gratis

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Cimahi Gelar Uji Emisi Kendaraan Bermotor Secara Gratis--Sumber gambar: Antaranews.com

RADAR JABAR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Jawa Barat, menyelenggarakan uji emisi kendaraan bermotor secara gratis untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia serta mengantisipasi penurunan kualitas udara di daerah tersebut.

Kepala DLH Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, menyatakan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 11 hingga 14 Juni 2024, dengan melibatkan berbagai instansi vertikal di Kota Cimahi.

“Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat pribadi, dinas, dan angkutan barang yang tidak wajib KIR,” kata Chanifah di Cimahi, Rabu.

Chanifah menyatakan bahwa selain bertujuan untuk mencegah pencemaran udara, uji emisi kendaraan juga dimaksudkan untuk memeriksa apakah kondisi mesin kendaraan dalam keadaan baik atau tidak.

“Pengujian ini perlu dilakukan untuk memberikan dampak besar bagi lingkungan hidup maupun kondisi kendaraan itu sendiri. Uji emisi dilakukan untuk mengetahui kondisi kendaraan dengan mengecek emisi atau gas mesin yang dibuang ke udara,” kata dia.

Dalam uji emisi kendaraan, Chanifah menjelaskan bahwa petugas akan memeriksa kandungan gas buang, seperti hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), dan NOX.

Untuk uji emisi kali ini, pihaknya menargetkan sebanyak 1.500 kendaraan dapat diuji gas buangnya.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menargetkan sebanyak 600 kendaraan, target uji emisi tahun ini meningkat drastis menjadi 1.500 kendaraan dengan kuota pengujian sebanyak 500 unit kendaraan per hari,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki perbedaan, yakni bukan hanya jumlah kendaraan yang mengikuti uji emisi, tetapi juga melibatkan beberapa pengujian tambahan untuk mengevaluasi kualitas udara di Kota Cimahi.

“Tahun ini kita ada tiga kegiatan yaitu yang tadi ada pengukuran uji emisi, penghitungan lalu lintas, dan pemantauan tepi jalan,” kata Chanifah.

Sumber: antaranews.com