Profil dan Kekayaan Anita Jacoba Gah yang Viral Kritik Keras Nadiem Makarim Hingga Lesu

Profil dan Kekayaan Anita Jacoba Gah yang Viral Kritik Keras Nadiem Makarim Hingga Lesu

Profil dan Kekayaan Anita Jacoba Gah-Ist-

RADAR JABAR - Anggota Komisi X DPR RI, Anita Jacoba Gah, mengkritik keras kinerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rapat kerja bersama Menteri Nadiem Makarim.

Dalam kesempatan itu, Anita menyoroti berbagai masalah terkait pengelolaan anggaran dan program pendidikan di Indonesia.

Salah satu fokus utamanya adalah alokasi anggaran Kemendikbudristek untuk tahun 2025, yang menurutnya mengalami penurunan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi Rp83.187.821.056.000, atau turun sekitar Rp15 triliun dari tahun 2024.

Meski Menteri Pendidikan mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp25 triliun, Anita mengingatkan agar Kemendikbudristek terlebih dahulu melakukan introspeksi dalam pengelolaan anggaran untuk memastikan bahwa dana yang sudah ada sebelumnya telah digunakan secara efektif dan efisien.

BACA JUGA:Nadiem Makarim Siapkan Aturan Seragam Sekolah Baru Secara Nasional

"Jangan sampai terperangkap dalam kesedihan akibat pengurangan anggaran ini, ya. Justru sebaliknya, kita harus bertanya apakah dana yang selama ini sudah diberikan telah dikelola dengan baik atau tidak," ucap Anita.

Anita juga menyampaikan temuan-temuan masalah pendidikan yang ditemui di daerah pemilihannya, terutama di Dapil NTT II.

"Karena sampai hari ini, Pak Menteri, saya berulang kali mengatakan bahwa masih banyak persoalan terkait realisasi anggaran dan penyerapan APBN ke daerah,” jelasnya.

Beberapa masalah yang disoroti termasuk guru PPPK yang belum menerima Surat Keputusan (SK), guru di Kupang yang belum menerima tunjangan, serta bangunan sekolah yang rusak dan terbengkalai meskipun anggaran telah dialokasikan sejak tahun 2021.

Ini menunjukkan adanya ketidaksempurnaan dalam pengelolaan dana dan pelaksanaan program pendidikan di lapangan.

Selain itu, Anita juga menyoroti pengelolaan dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang menjadi perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia menyatakan bahwa masukan dari DPR sering diabaikan dan baru mendapat perhatian setelah ada rekomendasi dari KPK.

Ekspresi Nadiem menjadi sorotan karena hanya bisa tertunduk lesu. Bahkan, Anita Jacoba yang merasa di atas angin, melontarkan kata-kata pedas yang membuat suasana rapat menjadi panas.

Profil Anita Jacoba Gah

Merangkum dari berbagai sumber, Anita Jacoba Gah adalah seorang politikus Partai Demokrat yang lahir pada 9 Maret 1974.

Sumber: