Pendaftaran PPDB Jalur Afirmasi di Kota Bandung Segera Dibuka, Persiapan Dilakukan dengan Ketat

Pendaftaran PPDB Jalur Afirmasi di Kota Bandung Segera Dibuka, Persiapan Dilakukan dengan Ketat

PPDB Jalur Afirmasi di Kota Bandung-ilustrasi-(Sumber Gambar: Pixabay)

RADAR JABAR– Masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur afirmasi di Kota Bandung semakin dekat. Ketua Tim PPDB Kota Bandung 2024, Edy Suparjoto, menyatakan bahwa persiapan telah dilakukan dengan ketat, khususnya terkait dengan persyaratan jalur afirmasi bagi calon peserta didik yang rawan melanjutkan pendidikan (RMP).

Edy menegaskan bahwa calon peserta didik yang ingin mendaftar melalui jalur afirmasi harus termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Seleksi dan verifikasi calon peserta sudah sangat ketat. Jika ada yang dianggap mampu tetapi masuk DTKS, kami verifikasi melalui kewilayahan. Sebagai user, kami bertanya kepada pihak yang melakukan verifikasi. Insya Allah, sinkronisasi data dengan Dinas Sosial sudah ketat," jelas Edy saat diwawancarai oleh Jabar Ekspres pada Senin (3/6) yang dikutip @Radarjabar.disway.id.

 

BACA JUGA:Link Pendaftaran PPDB Jabar 2024, Jadwal, dan Persyaratan

 

Edy juga mendorong agar calon siswa yang tidak termasuk dalam DTKS untuk tidak menggunakan jalur RMP. "Kami memberikan edukasi bahwa ada orang yang lebih berhak atas jalur DTKS ini. Insya Allah, kami tidak akan kecolongan," tambahnya.

Jalur afirmasi akan dibuka pada tanggal 6 Juni. Persyaratan utama bagi peserta didik yang ingin masuk melalui jalur ini adalah terdaftar di DTKS, termasuk dalam daftar kemiskinan ekstrem, dan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). "Itu adalah syarat utama untuk masuk lewat jalur afirmasi," jelas Edy.

 

BACA JUGA:PPDB Jawa Barat Objektif, Transparan, dan Akuntabel Perlu Dukungan Semua Pihak

 

Untuk tahun ini, jalur afirmasi RMP memiliki total kuota siswa sebanyak 4.357 untuk tingkat SD, 807 siswa untuk SD Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), 225 siswa untuk SMP PDBK, dan 11.470 siswa untuk tingkat SMP.

"Total kuota jalur afirmasi untuk SD dan SMP sekitar 16 ribuan. Saat ini yang sudah mendaftar atau masuk data ada sekitar 9 ribuan," pungkas Edy.

Dengan persiapan yang ketat dan kuota yang telah ditentukan, diharapkan proses PPDB jalur afirmasi tahun ini dapat berjalan lancar dan tepat sasaran, memberikan kesempatan pendidikan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan (*).

Sumber: Jabar Ekspres