Review Spesifikasi Asus Zenfone 11 Ultra, Harga Belasan Juta dengan Fitur Degini Apakah Worth It?

Review Spesifikasi Asus Zenfone 11 Ultra, Harga Belasan Juta dengan Fitur Degini Apakah Worth It?

Review Spesifikasi Asus Zenfone 11 Ultra-RJ-

Sementara itu, kamera selfie menggunakan resolusi yang cukup besar, yaitu 32 megapiksel. Secara umum, kameranya mampu menghasilkan foto yang baik dengan warna natural, keseimbangan putih yang efektif, dan detail yang cukup.

Gimbal stabilizer membantu menghasilkan foto yang tajam pada kondisi low light. Namun, jika dibandingkan dengan smartphone flagship lainnya seperti Galaxy S24 Ultra atau Pixel 8 Pro, kamera Asus Zenfone 11 Ultra masih belum bisa dikatakan yang terbaik.

Hasil foto pada kamera utamanya cenderung memiliki warna yang lebih dingin dibandingkan kompetitor. Kamera ultrawide mampu menghasilkan foto dengan distorsi minimal dan kualitas yang setara dengan kamera utama.

Meskipun begitu, untuk urusan video, kamera smartphone ini juga memiliki fitur menarik seperti HyperSteady untuk video stabilization dan kemampuan merekam video hingga 8K.

Asus Zenfone 11 Ultra ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, yang juga digunakan pada banyak ponsel flagship lainnya tahun ini. Ponsel ini hadir dalam dua versi, yaitu 12 GB RAM LPDDR5X dan penyimpanan 256 GB UFS 4.0, serta 16 GB RAM dan penyimpanan 512 GB.

Dalam pengujian benchmark yang dilansir dari berbagai sumber, ponsel ini tampil sangat baik, mencetak skor sedikit lebih tinggi dari Samsung Galaxy S24 Plus dan Google Pixel 8 Pro di sebagian besar pengujian. Soal performa, ponsel ini juga mampu mempertahankan performa tinggi secara berkelanjutan berkat sistem pendingin yang solid.

Fitur Lainnya

Zenfone 11 Ultra menjalankan Android 14, dan Asus menjanjikan dua tahun pembaruan utama Android serta empat tahun pembaruan patch keamanan. Ponsel ini juga dilengkapi sejumlah fitur AI seperti AI noise cancellation untuk panggilan suara, semantic search, dan AI wallpaper generator.

BACA JUGA:ASUS Luncurkan ROG Ally X Handheld PC Gaming Generasi Terbaru dengan Fitur Handal

Namun, beberapa fitur ini masih dalam tahap beta dan tidak tersedia saat peluncuran. Selain itu, kebijakan pembaruan perangkat lunak Asus tidak sebagus beberapa kompetitornya.

Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 5.500 mAh, yang merupakan salah satu keunggulan utama dibandingkan pendahulunya yang lebih kompak. Dengan baterai ini, Zenfone 11 Ultra mampu bertahan hingga 24 jam pemakaian normal dan 1,5 sampai 2 hari untuk penggunaan ringan.

Zenfone 11 Ultra bertahan selama 12 jam dan 50 menit saat streaming video Full HD dengan kecerahan layar penuh. Selain kapasitas baterainya yang besar, Zenfone 11 Ultra juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat.

Pengisian daya menggunakan kabel mendukung daya hingga 65 watt dan dapat mengisi daya dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 47 menit. Pengisian daya nirkabelnya terbatas pada 15 watt dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi daya penuh.

Harga

Mengenai harga Zenfone 11 Ultra, ponsel ini mulai tersedia untuk pre-order mulai 14 Maret dan akan resmi dirilis di toko pada 14 April. Ada dua versi yang tersedia, RAM 12 GB dengan penyimpanan 256 GB seharga sekitar Rp13,2 juta dan RAM 16 GB dengan penyimpanan 512 GB seharga sekitar Rp14 juta.

Di Inggris, harganya sekitar Rp16,3 juta untuk model dasar dan sekitar Rp17,8 juta untuk versi dengan spesifikasi lebih tinggi. Sementara itu, masih belum diketahui kapan smartphone ini akan masuk ke pasar Indonesia.

Sumber: