Rangkaian Bunga Desa, Kang DS Bedah Rumah Milik Warga Setelah Menginap Semalam di Rumah Itu

Rangkaian Bunga Desa, Kang DS Bedah Rumah Milik Warga Setelah Menginap Semalam di Rumah Itu

Kang DS Bedah Rumah Milik Warga Setelah Menginap Semalam-RJ-

KAB. BANDUNG – Kedekatan antara Bupati Bandung HM Dadang Supriatna dengan masyarakat begitu nyata dirasakan.

Hal ini terbukti saat Enang, seorang lansia berusia 75 tahun yang tinggal di rumah panggung yang sudah tidak layak di Kampung Padarek RW 02 Desa Drawati Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, merasakan langsung kehadiran mereka.

Sebagai wujud kepedulian dan kasih sayang dari pemerintah terhadap warganya, Bupati Bandung beserta Bunda Bedas Hj. Emma Dety Dadang Supriatna secara simbolis turut serta membongkar sebagian rumah Enang untuk memulai program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) pada Jumat (24/5/2024).

Seketika itu pula Enang menyambut rasa syukur Alhamdulillah ketika rumahnya kembali dibangun melalui program perbaikan rumah tidak layak huni yang digulirkan Pemkab Bandung pada setiap tahunnya.

BACA JUGA:Sahrul Gunawan Inginkan Golkar Usung Calon Bupati Dalam Pilbup Bandung 2024: Mari Bung Rebut Kembali!

Sebelumnya, rumah Enang itu digunakan tempat menginap semalam oleh Bupati Bandung bersama Bunda Bedas pada Kamis (23/5/2024) malam dalam program Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa) ke-26.

Sebelumnya, kondisi rumah panggung Enang itu terbuat dari dinding dan atap bilik bambu yang sudah termakan usia. Lantai rumahnya pun terbuat dari papan kayu yang sudah mulai terlihat keropos, sehingga perlu ada penanganan atau pembagunan kembali melalui program bedah rumah.

Program bedah rumah itu mendapat perhatian masyarakat sekitar yang secara swadaya membantu pembangunan rumah tersebut. Dengan harapan beberapa pekan kedepan, bedah rumah tersebut selesai dibangun dan kembali bisa ditempati penghuninya.

Bedah rumah milik Enang itu sebagai bentuk merealisasikan salah satu dari 13 program prioritas Bupati Bandung dengan target 7000 rumah setiap tahunnya. Namun kenyataannya, langkah konkret orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu realisasinya melebihi dari yang ditargetkan. Hal itu dinilai sangat luar biasa.

BACA JUGA:Bupati Dadang Surpiatna Ajak Para Pelajar Hindari Pergaulan Bebas, Kenakalan Remaja, dan Narkoba

"Alhamdulillah, bedah rumah setiap tahun lebih dari 7.000 rumah," aku  Bupati Dadang dalam keterangannya usai melaksanakan bedah rumah milik Enang itu.

Selama tiga tahun kepemimpinannya, Bupati Bandung menjelaskan realisasi program rutilahu itu. Perbaikan rutilahu di Kabupaten Bandung pada tahun 2021 mencapai sebanyak 7.437 unit.

Dijelaskannya, ribuan rumah itu dengan rincian sebanyak 710 unit di Kecamatan Pangalengan, 516 unit Kecamatan Banjaran dan 515 unit di  Kecamatan Ciparay.

"Itu tiga kecamatan terbanyak. Sisanya tersebar di 28 kecamatan dengan jumlah per kecamatan sekitar 76 sampai 481 unit," jelas Kang DS, sapaan akrab Bupati ini.

Sumber: