Film Dokumenter Burning Sun Ungkap Skandal Para Idol Kpop, Ada yang Merasa Kebal Hukum

Film Dokumenter Burning Sun Ungkap Skandal Para Idol Kpop, Ada yang Merasa Kebal Hukum

Film Dokumenter Burning Sun Ungkap Skandal Para Idol Kpop-Ist-

RADAR JABAR - Skandal Burning Sun yang mengguncang dunia Kpop pada tahun 2019 kembali menjadi sorotan setelah BBC merilis film dokumenter berjudul "Burning Sun".

Dokumenter berdurasi satu jam ini mengisahkan perjalanan dua reporter dari Seoul, Park Hyo Sil dan Kang Kyung Yoon, yang menyelidiki kebenaran mengerikan di balik sebuah klub malam di Gangnam, Seoul, dengan risiko pribadi yang besar.

Dokumenter ini membongkar grup obrolan rahasia para idol Kpop, menjelaskan bagaimana grup tersebut terbongkar dan melibatkan banyak idol, hingga akhirnya mengungkap skandal yang dikenal sebagai Skandal Burning Sun.

Semuanya bermula pada September 2016, ketika jurnalis Park Hyo Sil menerima laporan tentang mantan kekasih Jung Joon Young yang menuduh Jung dengan 'Molka', istilah Korea untuk merekam foto atau video eksplisit secara diam-diam tanpa izin.

BACA JUGA:Tidak Ada Grup Kpop dalam Nominasi Grammy Awards 2024 Meski Sudah Mengajukan

Polisi kemudian menyelidiki Jung atas laporan tersebut, namun Jung menolak menyerahkan ponselnya. Dia meminta pengacaranya agar ponselnya disimpan di perusahaan forensik swasta selama penyelidikan.

Kasus tersebut berakhir dengan permintaan maaf dari mantan kekasih Jung, membuat Jung terlihat tidak bersalah. Tiga tahun kemudian, seorang informan anonim yang memiliki akses ke ponsel Jung memutuskan untuk membocorkannya.

Informasi itu diteruskan kepada Kang Kyung Yoon, seorang reporter hiburan di stasiun penyiaran terbesar Korea, SBS.

Data tersebut berisi pesan obrolan KakaoTalk Jung dari tahun 2015 dan 2016, termasuk bukti bahwa dua selebritas, Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon, mantan gitaris FT Island, telah memperkosa seorang wanita secara beramai-ramai.

“Hati saya masih sakit ketika memikirkan hal itu,” kata Kang dalam dokumenter tersebut.

BACA JUGA:Kenalan Dengan MAVE si Grup KPOP Virtual. Ini dia Profilnya

Saat menemukan video dan gambar seksual eksplisit dari wanita yang tidak sadarkan diri, yang melibatkan Jung dan bintang Kpop pria lainnya, responsnya sangat terkejut. Kejahatan mereka tidak akan pernah terungkap jika data telepon Jung Joon Young tidak bocor.

Data tersebut tidak hanya mengungkap perilaku Jung Joon Young dan idol pria lainnya dalam grup chat, tetapi juga membongkar rahasia di balik klub eksklusif Gangnam, Burning Sun, tempat salah satu temannya, bintang Big Bang Seungri, bekerja sebagai DJ dan CEO.

Wanita-wanita dibius di dalam klub malam itu dan dilecehkan secara seksual oleh pria-pria yang menghadiri klub tersebut.

Sumber: