TNI Bangun Jalan untuk Mempercepat Akses Warga di Daerah Terpencil Garut

TNI Bangun Jalan untuk Mempercepat Akses Warga di Daerah Terpencil Garut

Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin membuka program TMMD Reguler ke-120 Tahun Anggaran 2024 di Lapangan Buleud, Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (8/5)--ANTARA/HO-Diskominfo Garut

RADAR JABAR - Jajaran TNI telah membangun jalan sepanjang 4 kilometer melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hal tersebut bertujuan mempercepat akses masyarakat dalam berbagai aktivitas pendidikan dan perekonomian di daerah tersebut.

"Dengan pembangunan jalan itu warga bisa mempersingkat waktu dari tadinya harus mencapai 1 jam menjadi 20 menit saja," ujar Kolonel Arh Rudi Ragil, Komandan Komando Resor Militer 062/Tarumanagara, saat pembukaan TMMD Reguler ke-120 Tahun Anggaran 2024 di Lapangan Buleud, Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi, Garut, pada hari Rabu (8/5).

Dia menjelaskan bahwa tema kegiatan TMMD tahun ini adalah "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Daerah", dengan fokus program pembangunan fisik seperti pembangunan jalan, jembatan, pengecoran jalan, tembok penahan tanah, gorong-gorong, pembangunan rumah tidak layak huni, dan pembuatan tiga sumur bor.

BACA JUGA:Jabar Cari Solusi Terbaik bagi Tuntutan Warga yang Terkena Dampak Ledakan Gudmurah

Selain itu, terdapat juga program non-fisik seperti penanaman pohon, pemberian nutrisi untuk stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, pendidikan, hukum dan perundang-undangan, pelayanan kesehatan, KB, serta perlindungan anak dan perempuan.

"Untuk sasaran merupakan kajian, pengajuan dari desa, diajukan untuk dilihat layak dan tidak, sasaran ada dua fisik dan non fisik," ucapnya.

Besarnya anggaran untuk program TMMD di Garut mencapai Rp1,2 miliar yang bersumber dari APBD Pemkab Garut dan Provinsi Jawa Barat. Program pembangunan jalan tersebut dijamin akan diselesaikan hingga tuntas, meskipun TMMD hanya berlangsung selama satu bulan, karena melalui program lanjutan, pengerasan jalan akan dilanjutkan sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Misal sekarang pengerasan nanti akan kita selesaikan dengan program lanjutan, apakah karya bhakti biasa maupun lainnya," ujarnya.

BACA JUGA:Polisi Tetapkan Muller Besaudara Jadi Tersangka Kasus Sengketa Tanah Dago Elos

Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, menyatakan bahwa TMMD ke-120 tahun 2024 di Garut merupakan hasil kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, pemerintah desa, dan masyarakat secara terkoordinasi dan terintegrasi. Pelaksanaan TMMD ini bertujuan untuk membangun jalan poros desa sepanjang kurang lebih 4 kilometer yang menghubungkan Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi dengan Desa Pasirkiamis, Kecamatan Pasirwangi.

"Misal sekarang pengerasan nanti akan kita selesaikan dengan program lanjutan, apakah karya bhakti biasa maupun lainnya," ujar Barnas Adjidin.

BACA JUGA:Disdik Jabar Buka Kuota Pendaftaran hingga 300 Ribu di PPDB 2024

Dia berharap pelaksanaan TMMD ini dapat berjalan sesuai harapan, dengan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat, termasuk masyarakat yang siap turun bergotong royong untuk menyelesaikan pembangunan sesuai rencana. Terlebih lagi, pembangunan jalan ini merupakan permintaan yang telah lama dinantikan oleh masyarakat untuk mempercepat akses transportasi dan meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah tersebut.

Sumber: antara