Kenapa Cari Kerja Semakin Susah? Pahami Keterkaitan Angka Pengangguran dan Kesempatan Kerja

Kenapa Cari Kerja Semakin Susah? Pahami Keterkaitan Angka Pengangguran dan Kesempatan Kerja

Penyebab Cari Kerja Semakin Susah-Ilustrasi/Pexels-

BACA JUGA:5 Ide Kerja Sampingan Paling Menguntungkan Pada 2024

Bagaimana cara agar para karyawan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang ada? Meskipun perkembangan zaman ini terjadi lebih cepat dari yang kita bayangkan, sayangnya sistem pendidikan masih mengajarkan ilmu yang sudah ketinggalan zaman kepada murid-muridnya.

Bahkan, ilmu-ilmu yang dibutuhkan di zaman sekarang jarang atau bahkan tidak pernah dibahas saat di sekolah atau kuliah. Seharusnya, konsep pendidikan kita mampu membekali siswa dengan kemampuan yang dibutuhkan di era modern.

Namun, kenyataannya, banyak sarjana yang telah lulus namun masih tidak memiliki keterampilan yang relevan dengan dunia kerja. Hal ini berarti keterampilan yang dipelajari selama kuliah banyak yang sudah tidak relevan lagi dengan dunia pekerjaan, atau memang sistem pendidikan kita selama ini terlalu longgar sehingga mudah meluluskan sarjana yang sebenarnya belum kompeten untuk bersaing dalam dunia profesional.

Akibatnya, murid-murid dan mahasiswa banyak yang harus belajar ekstra di luar pendidikan formal, karena beberapa materi pembelajaran yang diajarkan di kampus masih menggunakan materi yang sudah ketinggalan zaman.

Misalnya, dari pengalaman saya saat kuliah, sistem kuliah masih mempelajari bahasa pemrograman yang sudah ketinggalan zaman, bahkan menggunakan teknologi yang sudah tidak relevan lagi di zaman sekarang.

Oleh karena itu, jika ingin relevan di zaman sekarang, kita harus belajar mandiri juga di internet, karena di kuliah cenderung hanya diajarkan dasar-dasar saja. Menurut pendapat saya, jika hanya mengandalkan ilmu dari sekolah atau kuliah, kemungkinan besar akan sulit diterima dalam pekerjaan, terutama di bidang teknis, apalagi dengan adanya kehadiran AI dan teknologi lainnya.

Cara Cepat Mendapat Pekerjaan

Maka dari itu, banyak anak kuliah di bidang IT yang seharusnya relevan dengan zaman sekarang, namun masih banyak yang harus mengikuti bootcamp dan membayar lagi untuk mendalami dunia IT. Bootcamp sendiri banyak yang menjamin dapat pekerjaan setelah lulus dari bootcamp tersebut.

BACA JUGA:2 Pekerjaan Freelance Ini Paling Diburu di 2024, Penghasilan Bisa Sampai 10 Juta Lebih

Saya tidak tahu apakah akan mendapatkan pekerjaan atau tidak, tetapi intinya adalah ilmu yang diajarkan di kuliah banyak yang tidak relevan dengan zaman sekarang. Meskipun terkadang ada beberapa dosen muda yang mengajarkan teori-teori yang relevan dengan zaman sekarang, itu tidak menjamin Anda akan segera mendapatkan pekerjaan.

Di dunia kerja, teori sebagian besar tidak dibutuhkan, yang dibutuhkan adalah pengalaman dan keterampilan. Mahasiswa dengan nilai tertinggi sebenarnya masih kalah dengan mahasiswa biasa-biasa saja yang memiliki lebih banyak pengalaman dan keterampilan.

Kenapa mencari pekerjaan itu sulit bisa dikatakan cukup relatif dan kompleks penyebabnya. Dan yang saya sebutkan tadi mungkin hanya sekitar 50% dari kenyataan yang Anda rasakan. Bisa jadi mudah, tetapi juga bisa sulit jika Anda mencari pekerjaan yang tidak formal.

Karena pada kenyataannya, apa yang Anda bayangkan setelah lulus tidak semudah itu, terutama jika Anda menyia-nyiakan waktu Anda hanya untuk bermain game atau tidur-tiduran. Akan menjadi lebih sulit ke depannya.

Jadi saran saya adalah kuliah dan sekolah memang penting untuk memperoleh hubungan dan manfaat lainnya, tetapi tetaplah belajar secara nonformal. Bagaimanapun caranya, Anda harus menjelajahi dunia di luar sana, dan yang paling penting adalah menurut saya, meningkatkan keterampilan apa pun yang Anda inginkan. Karena pendapatan sebenarnya sebanding dengan keterampilan yang kita miliki.

Sumber: