5 Ide Kerja Sampingan Paling Menguntungkan Pada 2024

5 Ide Kerja Sampingan Paling Menguntungkan Pada 2024

Ide Kerja Sampingan Paling Menguntungkan 2024-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Banyak di antara kita yang masih khawatir mengenai tahun 2024, entah karena rumor mengenai resesi, PHK, keruntuhan ekonomi, dan ketidakpastian yang menyelimuti. Karena itu kami akan memberikan ide kerja sampingan yang paling kekinian pada 2024.

Namun, kegagalan terbesar kita adalah ketika kita tidak bersiap dan tidak membuat rencana. Daripada merasa takut, lebih baik jika kita bersiap dengan 5 ide sampingan untuk menyambut segala peluang di tahun 2024.

Meskipun ide kerja sampingan terbaru pada tahun 2024 ini tidak akan sepenuhnya meredakan semua kekhawatiran Anda, tetapi daripada hanya takut tanpa tindakan, lebih baik jika kita bersiap sebaik mungkin.

Salah satu saran yang kami punya adalah dengan menjajaki pekerjaan sampingan agar kita selalu siap menghadapi segala kemungkinan buruk, seperti PHK. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas 5 ide pekerjaaan sampingan yang hampir tanpa modal dan mudah untuk dicoba, bahkan oleh mahasiswa sekalipun.

1. Affiliate Marketing

Pemasaran afiliasi adalah strategi penjualan yang legal dan sah, di mana kita membantu dalam penjualan produk orang lain dan mendapatkan komisi atau persentase dari harga barang tersebut. Dari cerita-cerita yang beredar, ada yang mendapatkan penghasilan Rp50-100 juta per bulan dari TikTok Shop afiliasi ini.

Semu aini tergantung pada video yang dilihat, ada juga yang temannya mendapatkan 100 juta per bulan dari TikTok Shop afiliasi, bahkan ada yang mencapai 150 juta. Selain di TikTok, banyak juga yang menjadi afiliasi di Shopee.

BACA JUGA:Cara Menjaga Keseimbangan Antara Kerja dan Kehidupan Pribadi atau ' Work Life Balance' Bagi Karyawan

Beberapa di antaranya bisa mendapatkan penghasilan dua digit per bulan, bahkan hingga Rp100 juta per bulan. Sebenarnya, saya agak terkejut karena sebelumnya belum pernah mendengar langsung tentang pekerjaan ini.

Namun, setelah saya mencari informasi lebih lanjut, ternyata banyak e-commerce yang menggunakan sistem pemasaran afiliasi ini. Yang paling banyak dijalankan sepertinya oleh orang-orang adalah TikTok Shop, Shopee, dan Tokopedia. Jadi, jika kita melihat, TikTok dan Shopee memang sangat menggiurkan.

Misalnya, jika kita mengklik link keranjang kuning di TikTok mereka dan melakukan pembelian, kita akan mendapatkan komisi yang berbeda-beda. Di sini, kita bisa melihat bahwa komisi dari setiap toko berbeda-beda, biasanya sekitar 5 hingga 15% dari harga barang.

Beberapa toko bahkan memungkinkan kita untuk meminta sampel produk secara gratis sebelum kita mempromosikannya. Sedangkan di Shopee, program afiliasi memberikan komisi hingga 10% dan maksimal Rp10.000 per pesanan yang berhasil diselesaikan.

Di Tokopedia, komisi maksimalnya adalah Rp50.000 per penjualan, yang juga tergantung pada kategori barangnya. Untuk informasi lebih lanjut, disarankan untuk memeriksa masing-masing e-commerce secara langsung, karena pembahasan saya bersifat umum.

2. Translator (Penerjemah)

Pekerjaan ini melibatkan penerjemahan skrip video atau bahkan pembuatan subtitle untuk film favoritmu. Saya sendiri pernah menggunakan jasa penerjemah untuk membuat subtitle bahasa Indonesia di sebuah website freelance, yaitu di Fastwork.

Harganya mulai dari 6-10.000 per menit, namun jika kamu bisa bahasa Inggris dan Mandarin, harganya bisa lebih tinggi lagi. Cerita dari netizen menyebutkan ada yang menjadi penerjemah Cina-Indonesia dan mendapatkan penghasilan 20 juta per bulan, ada juga yang mendapat 12-13 jutaan per bulan.

Sumber: