Puncak Arus Balik Telah Berlangsung, Jasa Marga Catat Penurunan Jumlah Kendaraan di Gerbang Tol Pasteur

Puncak Arus Balik Telah Berlangsung, Jasa Marga Catat Penurunan Jumlah Kendaraan di Gerbang Tol Pasteur

Jasa Marga Catat Penurunan Jumlah Kendaraan di Gerbang Tol Pasteur --(Dok. Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung. Foto. Sandi Nugraha/Jabar Ekspress)

RADAR JABAR - Pada saat puncak arus balik setelah libur Lebaran, PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi mencatat adanya penurunan jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Cileunyi dan Pasteur, Kota Bandung. Data menunjukkan bahwa penurunan ini terjadi pada H+4 Lebaran atau tanggal 4 April 2024.

Menurut Humas PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Sri Suzan, kendaraan yang memasuki Gerbang Tol Cileunyi pada H+4 Lebaran mencapai 43.631, menunjukkan penurunan dibandingkan dengan H+3 sebelumnya. Demikian pula, kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Cileunyi juga mengalami penurunan, dengan jumlah mencapai 25.321 pada H+4 Lebaran.

"Seperti di (Gerbang Tol) Cileunyi, kendaraan yang masuk di H+4 kemarin mengalami penurunan dibandingkan H+3. Tercatat di H+4 kemarin, kendaraan yang masuk ke Cileunyi mencapai 43.631," kata Humas PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Sri Suzan saat dikonfirmasi, Senin (15/4).
 
 
 

Sementara itu, di Gerbang Tol Pasteur, jumlah kendaraan yang memasuki gerbang pada H+4 Lebaran sebanyak 35.607, juga mengalami penurunan dibandingkan dengan H+3 yang mencapai 36.530 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Pasteur juga menurun drastis, hanya sekitar 28.214 pada H+4 Lebaran, jauh berkurang dari 35.441 kendaraan pada H+3 sebelumnya.

"Sedangkan untuk di (Gerbang Tol) Pasteur sendiri, kendaraan yang masuk di H+4 kemarin sebanyak 35.607. Ini juga jumlahnya menurun dibandingkan H+3 yang mencapai 36.530 kendaran," ucapnya Lebih lanjut.

 

BACA JUGA:Polresta Cirebon Siapkan 1277 Personel Gabungan Untuk Memastikan Kelancaran Mudik Lebaran Tahun 2024

 

Sebelumnya, pada H+3 Lebaran atau tanggal 13 April 2024, Sri mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke kota asal melalui Gerbang Tol Cileunyi dan Pasteur, Kota Bandung. Kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol Cileunyi menuju arah Jakarta mencapai 45.410, mengalami peningkatan sekitar 1,8 persen dibandingkan dengan H+2 Lebaran.

Sri menuturkan untuk kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Pasteur, pihaknnya mencatat di H+4 kemarin hanya ada sekitar 28.214. "(Jumlahnya) sangat jauh dibandingkan H+3 yang mencapai 35.441 kendaraan yang keluar di Pasteur," pungkasnya

Penurunan ini menunjukkan bahwa puncak arus balik telah berlangsung, dengan sebagian besar pemudik telah kembali ke kota asalnya. Meskipun demikian, Jasa Marga terus memantau situasi lalu lintas untuk memastikan kelancaran perjalanan bagi para pengguna jalan tol (*).

Sumber: Jabar Ekspres