Cegah Kolesterol Naik Saat Lebaran dengan 7 Tips Ini, Lebaran Tetap Sehat!

Cegah Kolesterol Naik Saat Lebaran dengan 7 Tips Ini, Lebaran Tetap Sehat!

Tips Menjaga Kolesterol saat Lebaran-(Ilustrasi)-Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Lebaran adalah waktu yang penuh kegembiraan dan kebersamaan, namun juga sering kali diiringi dengan makanan yang berlemak tinggi dan tinggi kolesterol.

Saat lebaran banyak menu makanan atau camilan yang dapat memicu terjadinya kolesterol naik. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh selama perayaan Lebaran, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindari kolesterol berlebih.

 

Berikut adalah 7 tips cegah kolesterol saat lebaran:

 

1. Pilih Makanan yang Sehat

Batasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging berlemak, kulit ayam, dan makanan olahan berlemak tinggi. Ganti makanan dengan yang rendah lemak seperti biji-bijian, dada ayam, buah-buahan dan sayuran.

Pilihlah metode memasak yang sehat seperti merebus, mengukus, atau memanggang tanpa minyak tambahan.

Meskipun makanan sehat, makan dalam porsi berlebihan tetap dapat meningkatkan asupan kalori dan lemak, yang berkontribusi pada kolesterol tinggi.

Cobalah untuk membatasi porsi makan dan memperhatikan rasa kenyang Anda sehingga Anda tidak makan berlebihan.

2. Rutin Olahraga

Berolahraga merupakan faktor utama dalam menjaga keseimbangan kadar kolesterol. Sisihkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan, bersepeda, renang, atau melakukan latihan aerobik.

Menurut informasi dari Halodoc, rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan tingkat kolesterol yang baik (HDL) dan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

 

BACA JUGA: 5 Resep Minuman Detoks yang Efektif Menghilangkan Lemak dan Menurunkan Berat Badan Usai Lebaran

 

3. Hindari Makanan Olahan

Sumber: