5 Tips Menjawab Pertanyaan Sensitif Saat Lebaran, Kapan Nikah? Simak Jawabannya

5 Tips Menjawab Pertanyaan Sensitif Saat Lebaran, Kapan Nikah? Simak Jawabannya

Tips Menjawab Pertanyaan Sensitif Saat Lebaran--Istimewa

RADAR JABAR - Momen-momen bersama keluarga dan kerabat seringkali diisi dengan tanya jawab yang tidak terduga. Beberapa pertanyaan mungkin terasa sensitif atau bahkan menyebalkan bagi kita.

Namun, cara kita meresponsnya dapat membuat perbedaan besar dalam menjaga suasana yang menyenangkan dan hangat.

Berikut adalah 5 tips menjawab pertanyaan sensitive saat lebaran:

1. Sampaikan Batasan dengan Lembut

Ketika pertanyaan yang diajukan terlalu pribadi atau membuat Anda tidak nyaman, penting untuk menetapkan batasan dengan lembut.

Anda dapat merespons dengan kalimat yang sopan dan menghormati perasaan Anda sendiri. Misalnya, "Maaf, saya merasa lebih nyaman untuk tidak membahas hal itu."

 

BACA JUGA:Benarkan Mencabut Uban Malah Bikin Tambah Banyak? Simak Disini

 

2. Jawab dengan Santai

Jika Anda dihadapkan dengan pertanyaan yang mungkin terasa menyebalkan, seperti "kok gendutan sih?", respons santai bisa menjadi pilihan yang baik.

Misalnya, "iya dong, alhamdulillah banget rezeki banyak buat beli makanan" atau "iya nih om/tante, lagi bahagia jadi lupa merhatiin badan tapi alhamdulillah sehat terus”.

3. Gunakan Nada Bercanda

Menanggapi pertanyaan sensitif dengan nada bercanda dapat membantu meredakan ketegangan dan menjaga suasana yang menyenangkan.

Misalnya, jika ditanya "kapan lulus kuliah?", Anda bisa menjawab dengan nada bercanda, “Bentar lagi om/tante”, atau “om/tante mau kasih kerjaan ya?”.

 

BACA JUGA:5 Hal Sederhana yang Bernilai Ibadah Saat Dilakukan di Hari Raya Idul Fitri

 

4. Jawab dengan Enteng

Sumber: