Puan Minta Pemerintah Pastikan Harga Bahan Pokok Jelang Idul Fitri Terjangkau

Puan Minta Pemerintah Pastikan Harga Bahan Pokok Jelang Idul Fitri Terjangkau

Puan Minta Pemerintah Pastikan Harga Bahan Pokok Jelang Idul Fitri Terjangkau--Antara news

RADAR JABAR- Ketua DPR RI yakni Puan Maharani memintah pihak Pemerintah untuk memastikan harga kebutuhan pokok tetap terjangkau dan daya beli masyarakat tetap kuat jelang hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/ 2024.

“Dalam jangka pendek Pemerintah harus dapat memastikan harga kebutuhan pokok terjangkau, daya beli masyarakat yang tetap kuat, sehingga rakyat Indonesia dalam merayakan lebaran dapat merayakan dengan penuh kegembiraan,” ujar Puan saat membacakan pidato penutupan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Kamis (04/04/2024).

Dilansir dari antara, Puan menegaskan bahwa DPR RI memberikan perhatian besar atas kondisi ekonomi rakyat saat ini yang tengah menghadapi dampak langsung dari risiko perlambatan ekonomi akibat perlambatan ekonomi global.

“Selain tantangan global tersebut, Indonesia juga menghadapi tantangan domestik antara lain dinamika konsolidasi politik pasca-pemilu tahun 2024, kenaikan harga komoditas kebutuhan rakyat, nilai tukar rupiah yang berpotensi melemah terhadap dolar AS yang dapat melemahkan biaya produksi barang tertentu meningkat,” ujarnya.

kondisi ini menurutnya membawa dampak langsung bagi rakyat, mulai dari kenaikan harga barang kebutuhan pokok, daya beli yang semakin menurun, dan menurunnya derajat kesejahteraan rakyat.

Untuk itu lanjutnya, DPR RI melalui fungsi-fungsi konstitusionalnya DPR RI mendorong Pemerintah untuk dapat menjaga stabilitas ekonomi.

Sumber: