10 Cara Suami Menenangkan Istri yang Terkena Baby Blues

10 Cara Suami Menenangkan Istri yang Terkena Baby Blues

Ilustrasi keluarga--iStockphoto

Radar Jabar - Baby blues atau yang sering disebut sebagai Baby blues syndrome adalah kondisi psikologis yang umum terjadi pada sebagian besar wanita setelah melahirkan.

Meskipun bukanlah kondisi medis yang serius, baby blues bisa membuat istri merasa cemas, sedih, dan lelah secara emosional.

Dalam momen ini, peran suami sangatlah penting untuk memberikan dukungan dan kenyamanan kepada istri yang sedang mengalami baby blues.

Berikut adalah sepuluh cara suami bisa menenangkan istri yang terkena baby blues:

1. Dengarkan dengan Empati

Saat istri Anda mengungkapkan perasaannya, berikan perhatian penuh dan dengarkan dengan empati. Biarkan dia merasa didengar dan dipahami, tanpa merasa dihakimi atau diabaikan.

2. Beri Pelukan dan Sentuhan Hangat

Pelukan dan sentuhan lembut dari suami bisa memberikan rasa nyaman dan kehangatan pada istri yang sedang bersedih. Sentuhan fisik ini bisa menjadi penghibur yang kuat dalam menghadapi baby blues.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Baby Blues, Panduan untuk Ibu yang Sedang Mengalaminya

3. Bantu dengan Tugas-tugas Rumah Tangga

Membantu istri dengan tugas-tugas rumah tangga seperti membersihkan rumah, memasak, atau merawat bayi dapat mengurangi beban dan stres yang dirasakannya. Tunjukkan bahwa Anda berada di sampingnya dalam segala situasi.

4. Ajak untuk Berbicara dengan Orang Lain

Ajak istri Anda untuk berbicara dengan orang-orang terdekat atau bahkan profesional kesehatan mental jika diperlukan. Terkadang, mendengarkan pandangan dari orang lain bisa membantu mengurangi kecemasan dan kekhawatiran yang dirasakannya.

5. Jadwalkan Waktu Bersama

Sumber: