Rosatom Berencana Akan Kembangkan Teknologi Nuklir Medis di Nikaragua

Rosatom Berencana Akan Kembangkan Teknologi Nuklir Medis di Nikaragua

Rosatom dan Pemerintah Nikaragua sepakati pembangunan pusat pengobatan berbasis teknologi nuklir, di sela-sela pameran dan forum industri nuklir internasional ATOMEXPO 2024 di Sochi, Rusia, pada Selasa (26/3)--Antara/Yashinta Difa Pramudyani

RADAR JABAR - Perusahaan energi atom Rusia, Rosatom, telah menyetujui untuk mengembangkan proyek pembangunan pusat pengobatan berbasis teknologi nuklir di Nikaragua. Hal tersebut disampaikan dalam forum internasional ATOMEXPO 2024 yang diadakan di Kota Sochi, Rusia, pada Selasa (26/3).

Kesepakatan tersebut dicapai antara Direktur Jenderal Rosatom Health Technologies JSC Igor Obrubov dan Direktur Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Nikaragua Oscar Vasquez.

“Rosatom memiliki pendekatan komprehensif dalam pelaksanaan tugas di bidang kesehatan. Kegiatan kami meliputi produksi isotop dan produksi radiofarmasi, pengembangan dan produksi peralatan medis berteknologi tinggi, serta pembangunan fasilitas infrastruktur medis,” ungkap Obrubov.

BACA JUGA:Kapal Kontainer Dali yang Tabrak Tiang Jembatan Francis Scott Key Dikemudikan Oleh Orang Ukraina dan India

Dia menyatakan kegembiraannya dapat membantu warga Nikaragua dalam memperluas akses terhadap teknologi energi nuklir yang damai untuk meningkatkan kesehatan. Pusat pengobatan berbasis teknologi nuklir tersebut akan difokuskan pada diagnosis dan pengobatan penyakit serius, khususnya kanker.

Selain itu, kedua belah pihak berencana untuk bertukar informasi dan pengalaman di bidang kedokteran nuklir dan penggunaan teknologi radiasi dalam perawatan kesehatan, serta berkolaborasi dalam pelatihan lanjutan bagi tenaga medis.

“Keahlian Rosatom dalam menciptakan fasilitas infrastruktur medis khusus memberi kami banyak alasan untuk percaya diri dalam implementasi efektif proyek bersama kami untuk menciptakan pusat pengobatan nuklir di Nikaragua,” kata Vasquez.

BACA JUGA:Disiksa Habis Tentara Rusia, Ini 4 Tersangka Teroris Penembak 137 Orang di Gedung Konser Balai Kota Crocus

“Pekerjaan ini akan memungkinkan kita mencapai tingkat kualitatif baru dalam diagnosis dan pengobatan penyakit yang signifikan secara sosial dan memperluas peluang bagi dokter dan pasien di Nikaragua untuk mengakses teknologi kedokteran nuklir modern,” tambahnya.

Rosatom Health Technologies JSC merupakan divisi yang menggabungkan keahlian Rosatom State Corporation di bidang kedokteran. Perusahaan ini dibentuk berdasarkan perusahaan dan lembaga Rosatom dengan tujuan mengembangkan teknologi medis secara komprehensif di dalam dan luar negeri.

Divisi Teknologi Kesehatan berkembang dalam empat bidang utama, termasuk solusi terpadu untuk pengobatan, produksi dan pasokan produk isotop, peralatan untuk diagnostik dan terapi, serta solusi untuk perawatan ionisasi produk.*

Sumber: antara