Joe Biden Ucapkan Selamat Kepada Prabowo yang Telah Memenangkan Pilpres 2024

Joe Biden Ucapkan Selamat Kepada Prabowo yang Telah Memenangkan Pilpres 2024

Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). -Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym-ANTARA FOTO

RADAR JABAR - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menghubungi Prabowo Subianto pada Jumat (22/3) melalui saluran telepon untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya sebagai presiden RI terpilih dalam Pemilu 2024.

Biden juga menyatakan harapannya untuk memperkuat hubungan bilateral di masa depan di bawah kepemimpinan baru Indonesia.

Menurut rilis Gedung Putih yang diterima pada Sabtu, Biden dan Prabowo memuji hubungan yang baik antara kedua negara yang telah terjalin selama 75 tahun berdasarkan keyakinan pada nilai-nilai demokrasi dan pluralisme yang sama.

"Presiden Biden berjanji untuk memperluas kerja sama dengan Indonesia di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif AS dan Indonesia dan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik," kata pernyataan Gedung Putih tersebut.

BACA JUGA:Waketum Gerindra Habiburokhman Prediksi Hubungan Prabowo dan Megawati Semakin Baik Pasca Pemilu

Biden juga berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo untuk mencapai kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman.

Sebelumnya, Joe Biden juga mengirimkan surat ucapan selamat kepada Prabowo pada tanggal 12 Maret 2024, saat pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden 2024 oleh KPU RI pada 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Jokowi Sebut Kemenagan Timnas Indonesia Jadi Modal Besar untuk Laga Tandang di Vietnam

Ucapan selamat kepada Prabowo disampaikan Biden melalui surat yang diteruskan oleh Duta Besar AS untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Yohannes Abraham saat berkunjung ke Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, pada Kamis (14/3).

Dalam surat tersebut, yang berkop "The White House", Biden juga mengucapkan selamat atas penyelenggaraan yang baik dari Pemilu 2024.

BACA JUGA:Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Cirebon untuk Lebaran 2024

“Saya ucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas keberhasilan menyelenggarakan pemilu, yang mana wujud komitmen kita bersama terhadap demokrasi, dan (selamat juga kepada, red.) anda yang unggul dalam perolehan suara. Saya menanti pengumuman hasil resminya,” kata Biden dalam suratnya.

Biden juga optimis bahwa dunia akan menjadi lebih aman dan kedua negara akan menjadi lebih kuat jika Indonesia dan AS terus bersatu.

Sumber: antara