5 Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan, Mendapat Pahala Berlipat Ganda

5 Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan, Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan--Istimewa

RADAR JABAR - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Di tengah suasana penuh keberkahan ini, salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah memperbanyak membaca Al-Quran.

Turunnya Al-Quran di bulan Ramadhan juga diabadikan Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 185. Bunyi potongan ayatnya menyatakan, "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)”.

Membaca Al-Quran di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang luar biasa, dan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pahala Berlipat Ganda

Satu dari keutamaan besar membaca Al-Quran di bulan Ramadhan adalah pahala berlipat ganda. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah menyatakan dalam sebuah hadits, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya.” (HR. Tirmidzi).

Lebih-lebih lagi, pahala tersebut akan dilipat gandakan di bulan Ramadhan, sesuai dengan kemurahan Allah SWT di bulan yang penuh berkah ini.

 

BACA JUGA:Ternyata Ini Hukum Makan Setelah Imsak, Buya Yahya: Ada Orang Azannya Telat

 

2. Syafaat di Hari Kiamat

Membaca Al-Quran di bulan Ramadhan juga akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim).

Dengan memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, kita sedang membentuk perlindungan untuk diri kita sendiri di akhirat kelak.

3. Meningkatkan Derajat di Hadapan Allah SWT

Membaca Al-Quran di bulan Ramadhan juga dapat meningkatkan derajat seseorang di hadapan Allah SWT. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim).

Dengan membaca Al-Quran secara konsisten di bulan Ramadhan, kita dapat mengharapkan peningkatan derajat di sisi Allah SWT.

 

BACA JUGA:Hukum Menonton Film Dewasa Saat Puasa Ramadan di Siang dan Malam Hari

 

4. Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW

Sumber: