Daftar Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 5 Ternyata Banyak yang Gak Tau

Daftar Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 5 Ternyata Banyak yang Gak Tau

Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Taukah kalian bahwa manfaat garam bagi kesehatan begitu banyak? iya, bumbu wajib disetiap masakan ini ternyata tidak hanya penambah citarasa makanan menjadi lezat namun memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik bagi tubuh

Garam merupakan senyawa anorganik yang terbentuk dari unsur natrium (Na) dan klorida (Cl) saat bersatu. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, garam juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat yang terkait dengan konsumsi garam dan penggunaannya untuk kesehatan.

Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh 

1. Menyeimbangkan Kadar Elektrolit di dalam Tubuh

Elektrolit merupakan komponen bermuatan negatif dan positif yang larut dalam cairan tubuh. Garam membantu mengatur jumlah air yang ada di dalam dan di sekitar sel, yang kemudian membantu tubuh mengontrol agar elektrolit tetap seimbang.

2. Mencegah Hiponatremia

Hiponatremia adalah penurunan kadar natrium dalam darah secara bertahap. Konsumsi garam yang cukup dapat mencegah terjadinya hiponatremia, yang bisa mengakibatkan tubuh kelebihan air.

3. Meredakan Sariawan dan Mempercepat Penyembuhan Gigi yang Copot

Larutan garam dengan air hangat dapat meredakan nyeri sariawan dan membantu proses penyembuhan gigi yang copot. Garam juga dapat membersihkan area mulut dari kuman, membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

4. Mengatasi Kram Otot dan Tulang, serta Insomnia

Garam memiliki sifat mengatasi kram otot dan tulang, serta dapat membantu mengatasi penyakit insomnia.

Mandi dengan air garam hangat juga dapat membantu melemaskan otot dan meredakan ketegangan tubuh, sehingga membantu untuk tidur lebih nyenyak.

 

BACA JUGA:Tips and Trik Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

 

5. Mengurangi Selulit dan Membantu Detoksifikasi Tubuh

Garam diketahui dapat membantu mengurangi selulit dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan kelebihan cairan di bawah kulit.

Larutan garam juga dapat digunakan sebagai cara untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya.

 

BACA JUGA:6 Manfaat Mandi Air Garam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sumber: