Bupati Dadang Supriatna: Berlian Fest 2024 Inovasi Dispusip Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Bupati Dadang Supriatna: Berlian Fest 2024 Inovasi Dispusip Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Bupati Dadang Supriatna Berharap Berlian Fest 2024 Inovasi Dispusip Bisa Meningkatkan Minat Baca Masyarakat-Ist-

KAB. BANDUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung melaksanakan kegiataan Bedas Literasi Ramadan Festival (Berlian Fest) Tahun 2024. 

Berlian Fest 2024 ini dilaksanakan di lingkungan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung, Soreang mulai tanggal 14 Maret sampai 25 Maret 2024 mendatang.

Pembukaan Berlian Fest 2024 dilaksanakan oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi Bunda Literasi Kabupaten Bandung Emma Dety Permanawati, dan Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi, Jumat (15/3/2024)

Kegiatan Berlian Fest 2024 ini dalam upaya meningkatkan gemar membaca atau minat baca masyarakat, selain untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Bandung Akan Rekrut 1.500 ASN Baru di Tahun 2024, Meliputi PPPK dan CPNS

Pada kegiatan Bedas Fest 2024 itu hadir Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung Ruli Hadiana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Bandung Tata Irawan, Pimpinan BUMN dan BUMD, Bunda Literasi Kecamatan, perwakilan Bunda Literasi Desa, dan perwakilan Bunda Literasi RW.

Bupati Bandung Dadang Supriatna  mengatakan kegiataan Berlian Fest 2024 ini bukan saja menjadi sarana, namun kegiataan Berlian Fest ini mampu menjadi ajang promosi kepada masyarakat secara luas, agar membangun masyarakat literat.  

Digelarnya lomba Berlian Fest 2024 ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan mendidik masyarakat khusus para pelajar di tingkat PAUD, TK, SMP, SMA dan Pesantren Sederajat juga siswa siswi disabilitas, serta Bunda Literasi Tingkat RW, agar terpicu dan terpacu semangat untuk membangun dan terus bertransformasi menjadi masyarakat yang lebih cerdas dan maju. 

"Saya berharap pula dengan potensi dan inovasi yang tengah dilakukan, Dispusip akan mendapat prestasi terbaik dan dapat mengikuti perlombaan lainnya di tingkat selanjutnya. Sehingga kedepannya akan menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan bersinergi bersama berbagai pihak khususnya dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang literat," tutur Bupati Dadang Supriatna dalam sambutannya.

BACA JUGA:Kabar Bahagia! Pemerintah Kabupaten Bandung Gelar Mudik Gratis 2024, Cek Info Selengkapnya Disini!

Dadang Supriatna berharap melalui kegiataan Berlian Fest 2024 ini dapat mendorong sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, berkualitas dan berakhlakul  karimah. Selain itu SDM ASN profesional dan paham digitalisasi, termasuk dalam upaya meningkatkan SDM berkualitas.

"Sehingga di masa depan, anak-anakku sekalian akan menjadi penerus berjalannya roda dan keberhasilan pembangunan daerah," harap Bupati Bedas. 

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna mengutarakan dari 17.567 RW di Kabupaten Bandung, sudah ada sekitar 4.308 RW sudah memiliki Bunda Literasi. Ia pun sangat mendorong Dispusip untuk melaksanakan lomba Bunda Literasi, dengan hadiah prasarana dan sarana yang dapat menunjang kinerja mereka. 

"Tentunya hadirnya Bunda Literasi bisa mendukung pelayanan literasi lebih dekat, lebih efisien, lebih efektif dan tentunya menimbulkan dampak ketertarikan kaum milenial di desa tersebut untuk menjadi duta-duta baca untuk lingkungannya. Jangan sampai pembentukan Bunda Literasi hanya seremonial saja," tuturnya. 

Sumber: