Yuk Ketahui 10 Jenis-Jenis Puasa Wajib dan Sunnah dalam Islam, Apa Saja Ya?

Yuk Ketahui 10 Jenis-Jenis Puasa Wajib dan Sunnah dalam Islam, Apa Saja Ya?

10 Jenis-Jenis Puasa Wajib dan Sunnah dalam Islam--Radar Jabar

RADAR JABAR - Puasa adalah salah satu rukun Islam yang menjadi perayaan tersendiri karena setiap umat Muslim memiliki satu bulan penuh yang didedikasikan untuk menunaikan ibadah ini. Pada dasarnya, ibadah Puasa dilakukan dengan menahan hawa nafsu dari terbit matahari sampai tenggelam matahari.

Ini adalah bentuk pengabdian dan pengorbanan yang mendalam bagi umat Islam, di mana selama bulan Ramadhan, mereka menjalankan puasa sebagai wujud penghormatan kepada Allah SWT dan kesempatan untuk membersihkan diri secara spiritual serta meningkatkan ketakwaan.

Puasa Ramadhan, sebagai salah satu dari lima rukun Islam, memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan umat Muslim. Bulan Ramadhan dianggap sebagai waktu yang paling suci dan diberkati, di mana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Selama bulan ini, umat Islam diberikan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah puasa yang penuh makna dan keberkahan.

Selain puasa wajib Ramadhan, terdapat pula puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Lalu apa saja jenis-jenis puasa wajib dan sunnah dalam Islam:

1. puasa wajib Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang dijalankan oleh umat Islam selama bulan Ramadhan. Ini adalah salah satu dari lima rukun Islam dan diwajibkan bagi setiap muslim yang telah mencapai usia baligh, berakal sehat, dan mampu secara fisik.

Puasa Ramadhan dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lain yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

 

BACA JUGA:Ketahui! 7 Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Gula yang Sering Diabaikan

 

2. Puasa Wajib Qadha

Puasa wajib qadha adalah puasa yang harus diganti karena telah ditinggalkan pada bulan Ramadhan tanpa alasan yang sah, seperti sakit atau perjalanan.

Seseorang yang telah melewatkan puasa Ramadhan diwajibkan untuk menggantinya di hari-hari selanjutnya, pada bulan-bulan setelah Ramadhan.

3. Puasa Sunnah Senin dan Kamis

Puasa sunnah Senin dan Kamis adalah puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Puasa ini dilakukan pada hari Senin dan Kamis setiap minggu.

Puasa Senin dan Kamis memiliki banyak keutamaan, termasuk penghapus dosa-dosa yang dilakukan dalam satu minggu sebelumnya.

Sumber: