Kronologi Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta

Kronologi Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta

Kronologi Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta-Ist-

Pilot yang sedang tidur sebelumnya terbangun pada pukul 01.22 UTC atau 09.22 WIB. Dia menawarkan kopilot untuk beristirahat juga. Namun, kopilot menolak dan menyatakan bahwa dia tidak ingin beristirahat. Mereka berbincang selama kurang lebih 30 detik.

Menurut laporan KNKT, PIC (pilot) kemudian melanjutkan untuk kembali tidur.

Setelah menyadari bahwa PIC tertidur, Kopilot kemudian mengambil alih tugas pilot. Pada saat itu, Kopilot menjalankan tugas sebagai PF (pilot yang menerbangkan atau yang menerbangkan pesawat) dan PM (pilot yang memonitor) secara bersamaan.

Setelah itu, mereka meminta Area Control Center (ACC) Makassar untuk terbang ke arah 250 derajat. ACC Makassar menginstruksikan pesawat untuk menghubungi Air Traffic Control (ATC) Jakarta atau ACC Jakarta.

Pada pukul 01:43:42 UTC, kopilot melakukan readback (mengulang instruksi penerbangan) dari instruksi Area Control Center (ACC) Jakarta. Namun, beberapa saat kemudian, kopilot secara tidak sengaja tertidur.

Menurut laporan tersebut, pilot dan kopilot tidur secara bersamaan pada waktu yang sama.

Pilot dan Kopilot Tidur Bersamaan pada Waktu yang Sama

Tepat pukul 01:56 UTC, atau 12 menit setelah transmisi terakhir yang direkam dengan kopilot, ATC Jakarta menanyakan durasi penerbangan pada 250 derajat untuk pesawat BTK6723.

Namun, dalam penerbangan ini, pilot akan berperan sebagai pilot monitoring (PM) sementara kopilot, yang tadinya tertidur, akan bertindak sebagai pilot flying (PF).

Total jumlah penumpang dalam penerbangan Kendari-Jakarta adalah 153 orang. Selama penerbangan, pramugari juga menyediakan makanan ringan untuk pilot dan kopilot. Pada pukul 00.37 UTC atau 08.37 WIB, kedua pilot melepas headset dan menaikkan volume pengeras suara kokpit.

Pilot (PIC) meminta izin kepada kopilot (SIC) untuk beristirahat dan diizinkan. Beberapa detik kemudian, PIC tertidur dan SIC mengambil alih peran PIC sebagai pilot monitoring (PM), menurut KNKT.

BACA JUGA:2 Pesawat Siap Kirim Bantuan dari Indonesia untuk Rakyat Gaza

Pilot yang sedang tidur sebelumnya terbangun pada pukul 01.22 UTC atau 09.22 WIB. Dia menawarkan kopilot untuk beristirahat juga. kopilot kemudian menjawab bahwa dia tidak ingin beristirahat. Mereka sempat bercakap-cakap sekitar 30 detik.

KNKT menulis bahwa setelah itu, pilot atau PIC melanjutkan untuk tidur.

Kopilot menyadari bahwa pilot tertidur, sehingga dia mengambil alih tugas pilot. Pada saat itu, kopilot melakukan tugas PF (pilot yang menerbangkan atau mengendalikan pesawat) dan PM (pilot monitoring) secara bersamaan.

Sumber: