Mengenal 6 Tingkat Kematangan Steak, Nomor 1 Banyak yang Gak Tau Loh!

Mengenal 6 Tingkat Kematangan Steak, Nomor 1 Banyak yang Gak Tau Loh!

Tingkat Kematangan Steak-ilustrasi-(Sumber Gambar: Pixabay)

Radar Jabar - Mungkin sebagian orang tingkat kematangan steak begitu sangat penting karena akan mempengaruhi kenikmatan dan selera saat disantap. 

Steak, hidangan yang disukai di seluruh dunia, memiliki tingkat kematangan yang beragam, yang dapat disesuaikan dengan preferensi pemesan.

Keberhasilan menikmati steak yang sempurna seringkali terletak pada pemilihan tingkat kematangan yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai tingkat kematangan steak beserta ciri-ciri uniknya, memberikan wawasan bagi para pencinta kuliner.

Mengenal Tingkat Kematangan Steak

1. Bleu

Bleu adalah tingkat kematangan steak yang paling mentah. Saat dimasak, steak ini akan memiliki warna ungu kebiruan di bagian luar, sementara bagian dalamnya tetap tampak seperti daging merah dan mentah.

Proses pemasakan hanya sebatas untuk menghilangkan bakteri, menjaga kelembutan dan keunikan kelemasan daging.

Bleu, dalam konteks kuliner, merujuk pada tingkat kematangan steak yang paling mentah. Istilah ini berasal dari bahasa Prancis yang berarti "biru," menggambarkan warna ungu kebiruan yang muncul pada daging steak saat dimasak sebentar.

Berbeda dengan tingkat kematangan steak lainnya, Bleu memberikan pengalaman menyantap daging yang masih tampak seperti mentah di bagian dalamnya.

2. Rare

Steak pada tingkat kematangan rare menjadi sajian yang hampir mentah. Permukaan bagian luar sedikit terhangus, kecokelatan di sisi, dan merah cerah di tengahnya. Tekstur daging harus lunak, seperti daging mentah, tetapi dengan kecokelatan yang mengundang di permukaannya.

 

BACA JUGA:Resep Steak Salmon, Sensasi Makan Malam yang Tak Terlupakan

 

3. Medium-Rare

Dianjurkan oleh banyak koki, tingkat kematangan medium-rare menciptakan steak dengan bagian tengah yang hangat. 

Warna merah muda pada bagian tengahnya dengan sedikit warna merah menciptakan harmoni yang lezat. Permukaan yang kecokelatan dan sedikit kenyal di tengah memberikan pengalaman makan yang memikat.

Sumber: