Haye, Paes, dan Ragnar Direncanakan Ambil Sumpah WNI pada 12 Maret 2024

Haye, Paes, dan Ragnar Direncanakan Ambil Sumpah WNI pada 12 Maret 2024

Tangkapan layar saat Wakil Ketua Umum PSSI I Zainudin Amali (kiri atas) saat menghadiri rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Ad Interim Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) untuk membahas permohonan pemberian kewarganegaraan RI pada Thom Haye-DPR RI-ANTARA

Radar Jabar – Sebanyak tiga calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Thom Haye, Maarten Paes, serta Ragnar Oratmangoen, diagendakan oleh PSSI untuk ambil sumpah warga negara Indonesia (WNI) pada 12 Maret 2024.

 

Adalah Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, yange mengutarakan kabar itu ketika menghadiri rapat kerja Komisi X DPR bersama Kemenpora di Gedung DPR RI, Jakarta, hari Kamis 7 Maret 2024.

 

Haye, Paes, dan Ragnar lebih dahulu dijadwalkan datang ke Indonesia pada 11 Maret, dan satu hari kemudian mengambil sumpah sebagai WNI.

 

“Merek aini untuk bisa datang ke sini, karena kalau disumpah fisik hadir itu tidak gampang dan tidak mudah. Mereka sudah merencakan 11 Maret datang dan disumpah pada 12 Maret,” ucap Zainudin Amali dikutip dari Antara.

 

BACA JUGA:Disway Cup 2024 Digelar untuk Mempererat Silaturahmi Antarwartawan

 

Melansir dari Antara, tanggal 12 Maret adalah hari libur nasional sebab bertepatan dengan cuti bersama hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946. PSSI perihal ini sudah menjalin komunikasi dengan instansi terkait agar tetap membuka kantornya untuk mewujudkan sumpah WNI ketiga pemain tersebut.

 

“Itu kita sudah komunikasi dengan instansi, itu hari libur, tetapi ada pemahaman dari instansi terkait mau membuka kantornya untuk kegiatan ini,” kata Amali.

 

Mantan Menpora itu berharap dengan rencana pengambilan tersebut maka Haye, Paes, dan Ragnar bisa langsung membela timnas Indonesia di putaran kedua kualifikasi Piala Duni 2026 zona Asia. Indonesia diagendakan tanding kontra Vietnam dua kali, pada 21 Maret (kandang) dan 26 Maret (tandang).

 

“Kenapa mendadak, kenapa kita butuhkan itu, karena ini pada 21 Maret kita ada kualifikasi Piala Dunia 2026. Kita harapkan mereka ini bisa main, tergantung Komisi X menyetujui atau tidak,” jelas Amali.

 

BACA JUGA:Jadi El Clasico Indonesia Perdana, Stefano Beltrame Tak Sabar Jajal Laga Persib vs Persija

 

“Setelah itu 26 Maret kita main di Hanoi. Semuanya sangat mepet. Kami sih berkeinginan prosesnya tidak lama, tapi tidak bisa karena proses administrasi tidak hanya ditentukan oleh PSSI, Kemenpora, tetapi oleh lintas kementerian,” sambung dia.

 

Lebih lanjut, Komisi X di penghujung rapat kerja membacakan kesimpulan rapat bahwa mereka menyetujui proses naturalisasi ketiga calon penggawa timnas Indonesia itu.

 

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Sdr. Ragnar Anthonius Maria Oratmangoen, Sdr. Thom Jan Marinus Haye, dan Sdr. Maarten Vincent Paes, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundangan-perundangan yang berlaku,” bunyi kesimpulan rapat Komisi X DPR RI yang pimpinan rapat bacakan.

 

BACA JUGA:Kata Mbappe setelah Menangkan PSG atas Sociedad: Hanya Mencoba yang Terbaik di Liga Champions

 

Dikutip dari inilah.com, Thom Haye adalah gelandang klub Herrenveen asal Belanda. Pemain berusia 28 tahun ini punya darah Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Maluku.

 

Sementara Maarten Paes saat ini memperkuat FC Dallas klub divisi pertama liga Amerika Serikat (MLS) sebagai penjaga gawang. Lahir di Nijmagen, Belanda pada 14 Mei 1998, ia memiliki darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang merupakan orang Maluku.

 

Terakhir Ragnar Oratmangoen yang berposisi sebagai pemain penyerang sayap merupakan penggawa klub Belanda Fortuna Sittard berstatus pinjaman dari Groningen. Winger berumur 26 tahun ini punya darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Maluku.

 

Sumber: Antara dan inilah.com.

Sumber: