Hujan Ringan Hingga Sedang Mendominasi Sejumlah Besar Kota di Indonesia, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob

Hujan Ringan Hingga Sedang Mendominasi Sejumlah Besar Kota di Indonesia, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob

Hujan Ringan Hingga Sedang Mendominasi Sejumlah Besar Kota di Indonesia-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk berbagai kota besar di Indonesia pada Jumat, tanggal 23 Februari 2024. Menurut Prakirawan BMKG, Raeni Chindi, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan mendominasi kondisi cuaca di beberapa wilayah.

"Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, hingga Laut Jawa, dari Laut Sulu hingga Kalimantan Utara, dari Selat Makassar hingga Laut Flores, dan pesisir selatan Papua Barat," kata dia dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Fenomena konvergensi dan konfluensi diidentifikasi sebagai faktor yang dapat meningkatkan potensi awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah dan daerah yang mengalami kedua kondisi cuaca tersebut. Daerah konvergensi ditemukan membentang dari Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat hingga Laut Jawa.

 

BACA JUGA:Antisipasi Cuaca Ekstrem: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Badai dan Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah Indonesia

 

Sementara itu, daerah konfluensi terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara, dan Samudra Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur.

Di Pulau Sumatra, cuaca diperkirakan berawan hingga cerah di Tanjung Pinang dan Banda Aceh. Sementara itu, Medan, Padang, Pekanbaru, dan Bengkulu dapat mengalami hujan ringan hingga sedang. Bandar Lampung, Palembang, Pangkal Pinang, dan Jambi diperkirakan akan mengalami hujan lebat dan petir.

Pulau Jawa, termasuk kota besar seperti Jakarta, berpotensi mengalami cuaca berawan, sementara hujan ringan hingga sedang diperkirakan di kota-kota lain seperti Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Di Kepulauan Sunda Kecil, Denpasar dan Mataram berpotensi hujan ringan, sementara Kupang dapat mengalami hujan sedang. Cuaca di Pulau Kalimantan bervariasi, dengan cuaca berawan di Tanjung Selor, kabut di Samarinda, dan hujan ringan di Pontianak, Palangka Raya, dan Banjarmasin.

Di Pulau Sulawesi, hampir seluruh kota besar dapat mengalami hujan ringan hingga sedang, kecuali Mamuju yang diperkirakan berawan. Wilayah timur Indonesia juga diprediksi mengalami kondisi beragam.

Ternate dapat diliputi cuaca berawan, sementara Manokwari, Ambon, dan Jayapura berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang.

 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Hujan, Petir, dan Angin Kencang Melanda Sejumlah Wilayah DKI Jakarta

Sumber: #antara