Hujan Ringan Hingga Sedang Mendominasi Sejumlah Besar Kota di Indonesia, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob

Hujan Ringan Hingga Sedang Mendominasi Sejumlah Besar Kota di Indonesia, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob

Hujan Ringan Hingga Sedang Mendominasi Sejumlah Besar Kota di Indonesia-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

 

Menurut laporan BMKG, angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah timur laut, sementara di wilayah selatan angin bertiup dari arah selatan dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembapan udara berkisar antara 55 hingga 100 persen. Tinggi gelombang di wilayah Indonesia secara umum berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter.

Prakirawan BMKG, Raeni Chindi, juga mengingatkan untuk waspada terhadap potensi banjir rob di wilayah pesisir Sumatera Utara, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Sumatera Barat, pesisir DKI Jakarta, dan pesisir Kalimantan Barat.

"Waspadai potensi banjir rob yang terjadi di wilayah pesisir Sumatera Utara, pesisir Kepulauan Riau, pesisir Sumatera Barat, pesisir DKI Jakarta dan pesisir Kalimantan Barat," kata Prakirawan BMKG Raeni Chindi.

Dengan memperhatikan prakiraan cuaca ini, masyarakat diharapkan dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan (*).

Sumber: #antara